5 Langkah Sukses Gaya Hidup dengan Menjadi Vegetarian

Hidup dengan Menjadi Vegetarian: mulai marak pada tahun 2006. Sejak saat itu, banyak komunitas vegetarian yang mewadahi anggotanya dengan informasi-informasi bermanfaat mengenai vegetarian. Masyarakat mulai sadar pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Ini yang membuat kaum vegetarian semakin meningkat. Berbincang soal vegetarian, dalam buku karya Dydie Prameswari yang berjudul Hidup Sehat ala Vegetarian terdapat beberapa langkah sukses mencoba gaya hidup sehat dengan menjadi vegetarian.

Lima di antara langkah-langkah tersebut kami rangkum sebagai berikut:

1. Langkah pertama

Untuk menghindari ketagihan akan hidangan daging yang telah kita makan sejak kecil, cobalah ganti dengan daging tiruan, semisal hidangan yang terbuat dari garden burger atau smart dog. Sebab, makan secara sehat dapat memberikan kebaikan untuk tubuh kita. Dan jangan takut bahwa kita akan kekurangan nutrisi penting. Tahu, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau, bahkan biji labu dapat menggantikan kandungan protein, vitamin dan kalsium yang biasanya terdapat pada daging sapi, susu dan produk sejenisnya.

2. Langkah kedua

Jika kita prihatin dengan kalsium di tubuh kita, cobalah makan sayuran hijau. Sebab, sayuran hijau sangatlah lezat jika di kukus dan diberi air jeruk yang segar serta kecap. Jika kita sudah tidak lagi mengkonsumsi produk hewani, maka konsumsilah sayuran organik.

3. Langkah ketiga

Tetaplah menjaga agar agar pola makan kita juga mengandung lemak yang sehat, seperti alpukat dan kacang-kacangan. Penelitian menunjukkan bahwa jika ada orang yang ketagihan daging, mereka sebenarnya sedang menimbun lemak, bukan protein.

4. Langkah keempat

Masukkan buah segar dan sayuran mentah ke dalam pola makan kita. Janganlah kita terpaku dengan makanan yang sudah di masak. Sebab, makanan yang dimasak , terutama sayuran, telah kehilangan enzim penting yang dibutuhkan untuk pencernaan. Cobalah makan selada organik dengan mentah. Jika dibutuhkan sambal agar lebih lezat, silahkan coba dan temukan manfaatnya.

5. Langkah kelima

Libatkanlah diri kita dan keluarga untuk memulai makan buah-buahan dan sayur-sayuran di sekitar kita. Jadilah penggagas pertama demi kesehatan bersama. Sayangi orang-orang tersayang kita dengan berkontribusi baik, salah satunya berupa dengan berbagi ilmu dan pengalaman menjadi vegetarian kepada mereka.

Perlu Di ketahui, Inilah 5 Manfaat Vegetarian untuk Kesehatan

Sebagaimana sudah di ketahui bersama bahwa vegetarian adalah istilah untuk menyebut seseorang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan atau sayuran. Secara umum, mereka memilih untuk menghindari produk makanan yang berasal dari hewan meskipun ada beberapa jenis vegetarian yang masih memasukkan produk turunan hewani ke dalam menu mereka. Mereka memilih makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau sayuran bukan tanpa alasan. Namun, sebab mereka mengetahui aneka manfaat vegetarian yang banyak sekali untuk kesehatan.

Berikut lima manfaat vegetarian berdasarkan buku Hidup Sehat .

1. Memperpanjang umur

Menjadi vegetarian berarti kita terhindar dari makanan berlemak tinggi yang seringkali mengandung kolesterol jahat dan berbagai penyakit lainnya. Sebuah penelitian yang diselenggarakan di Inggris selama dua belas tahun dengan melibatkan 6000 vegetarian dan 5000 pemakan daging, menemukan bahwa pelaku vegetarian memiliki risiko meninggal terendah akibat kanker sebanyak 40%.

2. Menyehatkan jantung

Sama dengan di Amerika Serikat, penyakit jantung menempati posisi pertama di Indonesia dalam hal merenggut korban jiwa. Kenyataan ini di sebabkan oleh meningkatnya konsumsi makanan cepat saji dan junk food sesuai tuntutan zaman.  penelitian yang menghasilkan bahwa pola makan vegetarian bisa mencegah penyumbatan urat nadi jantung hingga 97%.

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Sistem kekebalan tubuh kaum vegetarian ternyata jauh lebih efektif membunuh sel tumor dari pada sistem kekebalan tubuh orang yang mengonsumsi daging. Ini adalah hasil studi yang dilakukan di Jerman. Studi ini yang mengungkap bahwa sayur mayur melindungi kaum vegetarian dari kanker prostat, kanker usus besar dan kanker kulit.

4. Mengurangi risiko sembelit

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan dan sayuran yang menjadi makanan pokok vegetarian tentu kaya akan serat. Serat ini berfungsi untuk memperlancar keluarnya sampah dari dalam tubuh kita. Makan dengan menjadi vegetarian, kita akan terlepas dari penyakit sembelit.

5. Berat badan terjaga

Bahan makanan pokok nabati yang di konsumsi kaum vegetarian umumnya mengandung lemak dan kalori yang jauh lebih rendah di banding dengan bahan makanan hewani. Sayuran dan buah-buahan juga mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak heran jika vegetarian terhindar dari semua penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan.