5 Suplemen Makanan Utama yang Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan

5 Suplemen Utama; Sebagai ahli gizi. Ahli biokimia, dan ilmuwan medis. Saya pribadi tidak merekomendasikan mengambil vitamin dan mineral terpisah dalam bentuk  kecuali Anda menderita masalah yang sangat spesifik yang memerlukan suplementasi dengan nutrisi yang sangat spesifik.

Secara keseluruhan saya penggemar keseimbangan dan keseimbangan tidak dapat dicapai dengan melengkapi dengan nutrisi tunggal.

Namun. Saya juga tidak mendukung mengonsumsi suplemen “multivitamin” di mana mineral dan vitamin digabungkan menjadi satu tablet. Ada zat gizi yang tidak boleh di konsumsi bersamaan dalam bentuk suplemen karena saling mempengaruhi penyerapannya, misalnya zat besi dan mangan, selenium dan seng. Zat besi dan seng, selenium dan vitamin C. Oleh karena itu saya juga tidak menganjurkan suplementasi dengan “multivitamin”.

Namun jika Anda merasa membutuhkan lebih banyak energi dan ingin melengkapi diet Anda. Derikut ini cara yang saya sarankan untuk melakukannya:

Rekomendasi saya adalah melengkapi dengan makanan, terutama “makanan super”. Yaitu makanan yang kaya nutrisi dan enzim yang meningkatkan kesehatan. Ini semua yang saya rekomendasikan untuk orang yang makan makanan yang bervariasi. Beberapa vegan mungkin membutuhkan B-12 tetapi jika mereka secara konsisten mengkonsumsi makanan super spesifik yang akan saya rekomendasikan sebentar lagi, bahkan mereka tidak akan memerlukan suplementasi dengan B-12 secara teratur.

Selama masa ketika tubuh memiliki kebutuhan yang meningkat, misalnya selama kehamilan, masa menyusui, menstruasi atau selama infeksi, kita dapat menambahkan nutrisi tertentu untuk mendukung, tetapi secara teratur melengkapi dengan makanan super sudah cukup untuk meningkatkan kesehatan yang berkelanjutan.

Makanan super di sebut “Super” karena sangat kaya nutrisi.

Berikut adalah daftar singkat Suplemen Makanan Utama yang Mempromosikan Kesehatan dan Kesejahteraan:

spirulina

Cyanobacteria (organisme seperti tumbuhan yang di temukan di danau segar dan air asin, juga di kenal sebagai jenis ganggang Biru-Hijau) dengan kandungan protein dan nutrisi yang sangat kaya. Spirulina juga merupakan sumber makanan kuno untuk suku Aztec. Masih kontroversial jika kandungan B-12 Spirulina dapat di manfaatkan oleh manusia, meskipun melalui pengalaman pribadi saya merupakan sumber aktif biologis bagi manusia. Saya mengonsumsi Spirulina hampir setiap hari dan begitu juga semua anak saya. Namun, ada beberapa kontradiksi dalam mengkonsumsi Spirulina, tidak boleh di konsumsi oleh penderita PKU (karena mengandung fenilalanin), dan juga harus di hindari oleh orang-orang yang menggunakan obat antikoagulan (karena kandungan vitamin K-nya yang kaya).

Spirulina adalah makanan super yang luar biasa juga di ambil oleh astronot selama perjalanan ruang angkasa jangka panjang. Dan telah diteliti dengan baik untuk manfaatnya dengan anak-anak kurang gizi. Serta orang yang menderita alergi, sebagai suplemen untuk orang tua dan untuk meningkatkan hipertensi.

Chia

Biji chia berasal dari tanaman berbunga dari keluarga mint. Bijinya sangat kaya akan asam lemak omega 3 dan memiliki keseimbangan sempurna antara asam lemak omega 3, 6, dan 9. Biji chia juga memiliki kadar protein tinggi dan mengandung jumlah serat makanan yang tinggi. Biji chia juga memiliki jumlah kalsium yang luar biasa. Seperti biji rami dan wijen. Untuk mengekstrak maksimal dari makanan super ini. Saya sarankan untuk menggilingnya dan menambahkannya ke makanan Anda. Tidak memiliki rasa dan dapat ditambahkan dengan mudah ke hidangan apa pun. Makanan super ini tidak perlu diambil sebagai suplemen dan dapat dan harus dikonsumsi sebagai makanan.

Barley dan rumput Gandum

Jelai dan rumput Gandum adalah rumput muda pada tahap awal pertumbuhan dan oleh karena itu mereka memiliki komposisi yang sama sekali berbeda dengan gandum yang lebih matang atau jelai yang di anggap biji-bijian daripada versi muda mereka yang lebih mirip dengan sayuran dalam susunannya. Saat rumput ini tumbuh, mereka mengubah komposisi dari kaya akan klorofil dan mineral, menjadi kaya akan selulosa (serat). Pada fase rumput muda mereka, mereka memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi yang telah terbukti membantu tubuh menghilangkan sel-sel kanker. Mereka juga kaya dengan enzim pencernaan yang membantu kita memecah dan mencerna makanan lebih mudah sehingga nutrisi makanan menjadi lebih tersedia untuk kebutuhan tubuh.

Jelai dan rumput gandum dapat di konsumsi setiap hari dan juga tersedia dalam bentuk tablet yang menurut saya sangat berguna saat jadwal sibuk.

Probiotik

 adalah mikroorganisme yang membantu kita menjaga keseimbangan yang sehat antara mikroba sehat dan mikroba berbahaya di dalam flora usus kita. Probiotik juga mensintesis vitamin, termasuk B-12, dan telah terbukti membantu kita mengatasi efek stres.

Mereka juga telah terbukti memiliki manfaat kesehatan untuk mengendalikan alergi, mengobati di

are, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan termasuk kesehatan gusi dan kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Banyak sekali penelitian yang membuktikan manfaat probiotik bagi kesehatan kita.

Ketika Anda merasa terlalu lelah, stres, kembung, sembelit atau diare. Atau setelah minum antibiotik, saya sangat merekomendasikan mengonsumsi suplemen probiotik dengan beberapa jenis probiotik. Mereka juga penting untuk bayi dan sekarang telah di tambahkan

untuk sebagian besar susu formula.

Saya merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen probiotik dengan minimal 50 miliar biakan hidup dan 10 jenis probiotik bermanfaat pada saat stres meningkat. Perubahan besar dalam hidup, selama sembelit, ketika Anda tidak cukup tidur atau setelah minum antibiotik.

Moringa oleifera

Moringa oleifera, juga di sebut sebagai pohon paha (karena munculnya polong biji), adalah salah satu tanaman tradisional yang telah di makan dan di gunakan sebagai obat herbal jauh sebelum ilmu pengetahuan Barat mengenalinya. Bagian tanaman yang paling bergizi. Daunnya, dapat di makan mentah, di masak atau bahkan di buat bubuk dan di tambahkan ke saus dan sup. Daunnya juga bisa di ambil dalam bentuk kapsul. Mereka kaya akan vitamin B, C, beta-karoten dan mineral kalsium, magnesium. Besi kalium dan protein. Karena penelitian yang tidak memadai, saat ini tidak di anjurkan selama kehamilan.

Daun kelor mengandung beberapa ribu kali lebih banyak nutrisi zeatin anti penuaan yang kuat, yang memiliki sifat anti penuaan pada fibroblas kulit manusia lebih dari tanaman lain yang di kenal. Daun kelor juga di kenal dapat membantu mencegah kanker dengan membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan tumor karena senyawa antioksidan, anti inflamasi dan anti kanker khusus.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu 3 jam setelah mengkonsumsi daun kelor dan juga melindungi hati. Karena itu, Moringa juga membantu mengendalikan nafsu makan!