5 Tips Diet untuk Menjaga Kesehatan Jantung

5 Tips Diet untuk Menjaga Kesehatan Jantung: Penting untuk tahu makanan mana yang harus di makan lebih banyak dan mana yang harus dibatasi sehingga mendapatkan diet yang sehat untuk jantung.

5 Tips Diet untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Kontrol ukuran porsi makan

Seberapa banyak makanan yang kita makan sama pentingnya dengan apa yang kita makan Makan sampai merasa kenyang dapat menyebabkan makan lebih banyak kalori daripada yang seharusnya.

Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk membantu mengontrol porsi.

Makan lebih banyak makanan rendah kalori

kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran.
Makan lebih sedikit makanan berkalori tinggi,

tinggi sodium, seperti makanan olahan atau cepat saji.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.   juga rendah kalori dan kaya serat makanan Sayuran dan buah-buahan mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu mengurangi makanan berkalori tinggi seperti daging, keju, dan makanan ringan.

Jauhkan camilan dan sayuran yang di cuci dan di potong untuk di makan cepat dari lemari es Simpan buah dalam mangkuk di dapur sehingga akan ingat untuk memakannya Pilih resep yang memiliki bahan utama sayuran atau buah-buahan, seperti tumis sayuran atau buah segar yang dicampur ke dalam salad.

3. Pilih biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat yang baik dan nutrisi lain yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Anda dapat meningkatkan jumlah biji-bijian dalam diet jantung sehat dengan membuat substitusi sederhana untuk produk biji-bijian olahan.

4. Batasi lemak tidak sehat

Membatasi berapa banyak lemak jenuh dan lemak trans merupakan langkah penting untuk mengurangi kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Tingkat kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang di sebut aterosklerosis, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

 berapa banyak lemak yang harus di masukkan dalam diet jantung sehat, berkut cara sederhana untuk mengurangi lemak jenuh dan lemak trans:

Pangkas lemak dari daging atau pilih daging tanpa lemak dengan lemak kurang dari 10 persen.
Gunakan lebih sedikit mentega dan margarin saat memasak dan menyajikan.
Gunakan substitusi rendah lemak bila memungkinkan untuk diet jantung sehat Misalnya, tambahkan kentang panggang dengan rendah sodium atau yogurt rendah lemak daripada mentega, atau gunakan irisan buah utuh atau buah rendah gula yang diolesi dengan roti bakar, bukan margarin.

5 Almond

Almond sangat padat nutrisi yang memiliki daftar panjang vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan jantung. Mereka juga merupakan sumber lemak dan serat tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

air adalah salah satu pilihan terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi bagaimana dengan minuman lainnya? Kopi dan teh mengandung antioksidan yang mungkin baik untuk jantung.

Beberapa pilihan minuman terbaik untuk kesehatan jantung adalah air mineral, seltzer tanpa pemanis, teh atau kopi tanpa pemanis, serta asupan anggur merah dalam jumlah sedang.

Buat menu harian menggunakan strategi yang tercantum di atas. Saat memilih makanan untuk setiap makanan dan camilan tekankan sayuran buah-buahan, dan biji-bijian. Pilih sumber protein tanpa lemak dan lemak sehat. Serta batasi makanan asin. Perhatikan ukuran porsi dan tambahkan variasi ke pilihan menu. Misalnya.  makan salmon panggang pada suatu malam. Cobalah burger kacang hitam pada malam berikutnya Ini membantu memastikan untuk mendapatkan semua nutrisi yang di butuhkan tubuh.