7 Kunci Kesehatan Pernapasan yang Baik

7 Kunci Kesehatan Pernapasan: Slogan yang sangat umum di kalangan penderita asma adalah “Ketika Anda tidak bisa bernapas, tidak ada lagi yang penting”, mengacu pada keputusasaan seseorang yang tidak bisa menghirup udara yang memberi kehidupan. Apakah udara yang memberi kehidupan adalah cerita lengkap tentang pernapasan?Ini melangkah lebih jauh dan memberikan elemen penting dalam teknik pernapasan untuk kesehatan yang lebih baik.

Bernapas mungkin merupakan salah satu perilaku otonom yang paling terintegrasi secara terpusat yang menjangkau jauh melampaui pengisian sederhana paru-paru.  Pernapasan muncul melalui interaksi jaringan kompleks yang melibatkan neuron yang didistribusikan ke seluruh sistem saraf.

Jaringan penghasil ritme pernapasan terdiri dari jaringan mikro yang berfungsi dalam jaringan yang lebih besar untuk menghasilkan ritme dan pola berbeda yang menjadi ciri pernapasan. Hasil penelitian Garcia paling baik dapat diamati ketika seseorang dipengaruhi oleh emosi yang kuat seperti rasa takut & marah.

Saran utama untuk bernapas adalah mengesampingkan kontrol otonom dan secara sadar menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut perlahan dengan bibir mengerucut.  latihan pernapasan membawa perhatian ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengingat untuk bernapas, terciptalah ruang untuk memulihkan ketenangan dan menurunkan tekanan darah dan hormon stres sehingga menciptakan peluang untuk mengendalikan situasi.

Pernapasan adalah komponen yang relevan dari latihan Yoga. Teknik pernapasan yoga biasanya menyertai pose yang berbeda atau beberapa bentuk meditasi. Dengan demikian sulit untuk memisahkan dan menganggap hasil dari pernapasan, pose atau meditasi.

 3 teknik pernapasan untuk penyerapan Oksigen yang optimal, sebagai berikut:

1. Tiga (3) menit pernapasan pasang surut

2. Empat (4) napas dalam yang di ambil dalam waktu 30 detik

3. Delapan (8) napas dalam yang di ambil dalam waktu 60 detik

Penyerapan Oksigen sama untuk Item 1. & 3 dan kemanjuran yang lebih tinggi daripada untuk Item

NO melemaskan otot polos di arteri yang menyediakan area aliran darah yang lebih besar, sehingga mengurangi tekanan darah dan membawa lebih banyak nutrisi ke tempat yang di butuhkan. Pentingnya NO dalam fungsi tubuh manusia tidak dapat di lebih-lebihkan. Meskipun 1000-an makalah penelitian telah di tulis, penelitian dunia terus berjalan. NO berimplikasi pada kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, kualitas tidur yang lebih baik dan bahkan di sfungsi ereksi.

NO di produksi di sinus, yang terbesar adalah sinus maksilaris di kedua sisi hidung. Mereka adalah ruang tertutup kecuali untuk pembukaan jaringan lunak kecil yang di sebut ossium yang membuka saluran udara penciuman.

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk bernapas – fungsi otak otonom memastikan bahwa Anda mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam sistem Anda. Namun, ada cara untuk bernapas untuk mendapatkan NO maksimum ke dalam sistem Anda.

Berikut adalah 7 petunjuk untuk membantu memasukkan gas luar biasa ini ke dalam aliran darah Anda.

1. BERNAPAS CEPAT MELALUI HIDUNG.

Rambut hidung dan saluran hidung yang menyempit memastikan ada tekanan negatif di saluran udara. Vakum parsial ini menyebabkan sinus mengirimkan sejumlah kecil udara yang mengandung NO ke dalam napas yang Anda hirup. Semakin keras Anda bernapas, semakin banyak NO yang di hasilkan sinus.

2. BLOK SATU NOSTRIL DAN NAPAS.

Memblokir satu lubang hidung dan pada gilirannya lubang hidung lainnya akan meningkatkan vakum parsial untuk menyebabkan udara yang mengandung NO disuntikkan ke dalam napas yang Anda hirup.

3. BLOKIR KEDUA NOSTRIL DAN COBALAH BERNAPAS.

Tutup kedua lubang hidung dan coba tarik napas. Ini menciptakan jumlah vakum terbesar dalam sistem pernapasan Anda yang memungkinkan udara yang mengandung NO dihisap dari sinus. Tentu saja Anda hanya dapat melakukan ini untuk waktu yang singkat sebelum melanjutkan pernapasan normal.

4. Hembuskan napas perlahan-lahan MELALUI MULUT.

NO membutuhkan waktu untuk diserap ke dalam aliran darah Anda. Oleh karena itu, menahan napas selama itu baik adalah hal yang baik. Atau hembuskan napas perlahan untuk memberikan waktu bagi paru-paru untuk menyerap NO.

5. BERSENANG ATAU BERNYANYI

 pada tahun 2003 bahwa bersenandung meningkatkan NO yang di hembuskan sebesar 700%. Peneliti lain menemukan peningkatan yang lebih besar pada NO yang dihembuskan selama bersenandung. Masalahnya adalah sulit untuk menarik napas saat bersenandung. Jadi urutan yang disarankan adalah bersenandung selama 3 detik lalu segera tarik napas..

6. pura-pura mendengkur

 disarankan untuk berpura-pura mendengkur, membuat suara seolah-olah Anda sedang mendengkur. Frekuensi suara mendengkur berada dalam kisaran frekuensi alami sinus maksilaris sekitar 110 hingga 350 Hz. Membiarkan sinus maksilaris beresonansi akan mengalirkan udara yang mengandung NO ke dalam volume napas yang dihirup. Karena mendengkur adalah manuver menghirup NO akan mencapai paru-paru dalam volume yang lebih besar.

7. MANUVER VALSALVA

Selama prosedur penurunan di pesawat sakit kepala sering di hindari dengan menggunakan manuver Valsava. Manuver ini melibatkan menutup kedua lubang hidung saat mencoba untuk menghembuskan napas sampai gendang telinga ‘pop’. Ini memiliki efek menekan sinus yang pada inhalasi berikutnya melepaskan tekanan dan menyuntikkan udara yang mengandung NO ke saluran udara penciuman.

FAQ

A. NO di sinus adalah sumber daya yang terbatas dan dapat habis. Bagaimana itu bisa diisi ulang? Makan banyak makanan kaya Nitrat misalnya Bit, Fenugreek, dll dan memberikan waktu tubuh Anda untuk mengubah Nitrat menjadi NO.

B. Mengapa tidak menghirup gas NO seperti yang mereka lakukan untuk bayi dengan hipertensi pulmonal? Dosis NO dalam pengaturan medis di kontrol dengan hati-hati. Paparan NO pada hewan telah menyebabkan kantuk, ketidaksadaran dan kematian.

C. Mengapa tidak duduk di area lalu lintas tinggi dan menghirup NO yang di hasilkan oleh mobil? Gas buang kendaraan bermotor memang mengandung NO. Namun, gas buang adalah campuran beracun dari gas lain seperti Karbon Monoksida. Risiko keracunan jauh lebih besar daripada manfaat yang bisa diperoleh.