Apakah Kita Benar-Benar Membutuhkan Suplemen Vitamin? Bagian 3

Bagi sebagian orang, suplemen vitamin dapat membawa manfaat kesehatan pencegahan. Vitamin B12, misalnya, dapat membantu beberapa orang mencegah masalah memori seperti demensia, yang terkait dengan usia tua.

Vitamin ini dikenal membantu menjaga sel darah dan sel saraf dalam kondisi prima. Ini juga berperan dalam membuat DNA asam nukleat.

Rendahnya tingkat vitamin B12 sepanjang hidup mungkin merupakan penyebab hilangnya ingatan, menurut profesor emeritus geratologi, Gordon Wilcock di Universitas Oxford.

Geratologi adalah studi medis tentang penuaan.

Gordon mengatakan bahwa pada sekitar usia 70 tahun, lapisan perut beberapa orang menjadi tidak mampu menyerap vitamin B12 dari makanan yang dimakan.

Ketika itu terjadi, itu mengarah pada timbulnya kehilangan memori.

Ini berarti bahwa tingkat asupan vitamin B12 saat ini – sekitar 1,5 mikrogram – mungkin terlalu rendah pada orang lanjut usia. Ini sebenarnya batas bawah ‘normal’, kata profesor.

Salah satu keuntungan suplementasi vitamin B12 adalah tidak ada bukti overdosis – berapa pun usianya. Profesor Wilcock mengatakan bahwa vitamin B12 dapat diresepkan oleh dokter untuk pasien yang memiliki masalah memori.

Tetapi bagi kebanyakan orang tidak perlu suplemen vitamin B12. Itu karena vitamin ini ada dalam daging hati. Ini hadir dalam sereal yang diperkaya dengan vitamin.

Selalu baca label…

Jika Anda makan makanan yang masuk akal, Anda harus mendapatkan cukup vitamin B12.

Dengan mengatakan bahwa, orang tua dengan diabetes tipe 2 atau mulas harus mempertimbangkan suplemen vitamin B12… begitu kata Profesor Margaret Rayman, profesor kedokteran gizi di University of Surrey. Dia telah melakukan penelitian dalam suplementasi vitamin.

Margaret mengatakan bahwa jika Anda berusia di atas 50 tahun dan mengonsumsi obat resep diabetes tipe 2 metformin, atau obat penghambat pompa proton untuk meringankan gejala sakit maag dan mulas, obat tersebut akan mengurangi kadar asam lambung.

Itu pada gilirannya mengurangi kadar asam klorida lambung di lapisan perut – yang dibutuhkan untuk menyerap vitamin B12!

Dia mengatakan bahwa jika Anda tidak minum obat ini dan tidak makan makanan yang diperkaya dengan vitamin B12, maka Anda pasti membutuhkan suplemen vitamin B12.

Margaret menambahkan bahwa minum susu dapat membantu, karena vitamin B12 lebih mudah diserap dalam produk susu daripada daging.

Suplemen lain yang berguna yang dapat membantu orang tua adalah glukosamin sulfat (atau sulfat untuk pembaca di seluruh kolam!). Senyawa kimia alami ini memelihara jaringan tulang rawan pada persendian seperti buku-buku jari dan lutut. Tulang rawan adalah jaringan karet yang melindungi sendi-sendi itu. Ini juga membentuk telinga dan hidung Anda.

Kadar glukosamin sulfat menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan kerusakan sendi secara bertahap.

Para ilmuwan selama bertahun-tahun memperdebatkan apakah suplemen glukosamin sulfat membantu dengan osteoartritis ringan.

Pada tahun 2005, kelompok penelitian yang sangat dihormati, Perpustakaan Cochrane menyimpulkan:

“Orang dengan osteoartritis yang mengonsumsi glukosamin, dapat mengurangi rasa sakit mereka, meningkatkan fungsi fisik mereka, dan mungkin tidak akan memiliki efek samping.”

Maka lahirlah industri suplemen anti-arthritis suplemen glukosamin sulfat yang menguntungkan.

Apakah Kita Benar-Benar Membutuhkan Suplemen Vitamin? Bagian 4

National Health Service (NHS) Inggris merekomendasikan bayi berusia enam bulan hingga lima tahun untuk diberikan tetes vitamin D, karena vitamin ini penting untuk tulang.

NHS juga merekomendasikan bahwa orang berusia 65 tahun ke atas, dan mereka yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang memadai harus mempertimbangkan suplemen vitamin D.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri tulang dan kelemahan otot. Kadar vitamin ini dalam darah rendah terkait dengan masalah memori pada orang dewasa yang lebih tua, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Menurut Margaret Rayman, Profesor Kedokteran Nutrisi di University of Surrey, sementara ada risiko mengonsumsi terlalu banyak vitamin D, orang-orang di iklim utara harus menambah 10 mikrogram sehari selama bulan-bulan yang lebih gelap.

Jumlah vitamin yang diproduksi oleh kulit di musim dingin tidak mencukupi karena hanya dibuat saat kulit terkena sinar matahari.

Profesor Rayman menambahkan bahwa kita tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin D secara berlebihan karena dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, mual dan muntah.

Dia juga merekomendasikan bahwa beberapa orang harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi dua suplemen lain – yodium dan selenium. Profesor tersebut telah menerbitkan penelitian dalam jurnal medis The Lancet yang menunjukkan bahwa kekurangan yodium selama kehamilan dapat merusak perkembangan mental anak-anak.

Yang mengkhawatirkan, penelitiannya terhadap lebih dari seribu wanita hamil menemukan bahwa lebih dari dua pertiganya mengalami defisiensi. Oleh karena itu, ia menghimbau ibu hamil, dan ibu hamil, untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan cukup yodium.

Dia berkata: “Biasanya, orang bisa mendapatkan yodium dari susu, susu dan ikan, tetapi ada bahaya kekurangan dengan gadis remaja yang mengonsumsi banyak minuman bersoda dan produk susu sangat sedikit.”

Selenium adalah mineral penting lain yang mungkin kurang dalam makanan di negara-negara seperti Inggris dan Selandia Baru. Di sana, selenium dalam kelimpahan rendah di tanah tempat makanan ditanam.

Kekurangan dapat membahayakan sistem kekebalan dan kesuburan pada kedua jenis kelamin. Studi menunjukkan bahwa kekurangan selenium meningkatkan kematian dini dari semua penyebab.

Profesor Rayman berkata: “Jika Anda makan banyak ikan, Anda tidak memerlukan suplemen selenium. Tetapi Anda mungkin membutuhkannya jika Anda tidak makan ikan, kacang Brazil, atau daging.”

Bahaya Overdosis

Baik suplemen yodium dan selenium membawa bahaya overdosis yang nyata dan serius. Profesor Rayman mengatakan bahwa orang yang khawatir tentang asupan vitamin mereka sering berlebihan dengan suplemen.

Suplemen yodium terbuat dari rumput laut rumput laut, yang mengandung tingkat mineral yang sangat tinggi. Asupan yodium yang berlebihan dapat merusak kelenjar tiroid, sehingga menyebabkan masalah kekurangan yodium pula.

Terlalu banyak selenium dapat menyebabkan selenosis, yang dapat menyebabkan rambut rontok, mual, kelelahan, kerusakan saraf, dan bahkan serangan jantung dan gagal ginjal, kata profesor.

Dia berkata: “Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan asupan selenium Anda, ambil kombinasi multivitamin dan mineral dengan bahan tingkat rendah. Misalnya, dengan 30-50 mikrogram selenium, dan 140-150 mikrogram yodium.”

Pakar kesehatan sepakat bahwa mengonsumsi suplemen tidak sesehat memperoleh nutrisi secara alami dari makanan, yang mengandung zat peningkat kesehatan lainnya seperti serat makanan.

Profesor berkata: “Lakukan diet seimbang. Jika Anda melakukan itu, Anda seharusnya baik-baik saja untuk semua vitamin Anda. Di Inggris, mungkin suplemen vitamin D di musim dingin harus dipertimbangkan, dan selenium jika Anda bukan pemakan ikan. “