Cara Melancarkan BAB Rutin Setiap Hari

Cara melancarkan BAB rutin setiap hari, buang air besar secara lancar dan cepat merupakan kondisi ideal yang diinginkan semua orang. Pasalnya, masalah pencernaan merupakan salah satu hal yang kerap menghantui kita sehari-hari.

Masalah konstipasi atau buang air besar yang tidak lancar merupakan hal menyebalkan yang dapat terjadi berulang kali. Melancarkan buang air besar merupakan salah satu hal yang bisa mengatasi terjadinya masalah pencernaan ini.

Melancarkan buang air besar ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kondisi ideal ini bisa membantu untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul mulai perut kembung serta munculnya rasa tidak nyaman. Untungnya, melancarkan buang air besar ini bisa dilakukan dengan beragam cara alami. Beberapa bahkan hanya membutuhkan perubahan kecil pada tubuh.

Sejumlah cara bisa coba kamu lakukan untuk melancarkan buang air besar dengan mudah dan cepat. Dilansir dari Womens Health Mag, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan buang air besar.

Cara Melancarkan BAB Rutin Setiap Hari

1. Minum air putih yang cukup

Dilansir dari Women’s Health, penyebab kenapa BAB tidak lancar setiap hari salah satunya adalah dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengimbanginya dengan menarik air dari usus besar. Air dan serat adalah dua komponen utama kotoran BAB. Saat air dari usus besar diserap tubuh, kotoran BAB jadi mengeras dan timbul sembelit. Untuk itu, pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap hari.

2. Makan makanan kaya serat

Makanan berserat tinggi ada di roti gandum, sereal, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Jika sembelit terjadi terus menerus, Anda bisa minum suplemen serat. Suplemen ini efektif untuk mendorong feses di usus besar, sehingga melancarkan BAB.

Contoh buah yang mengandung serat adalah kiwi. Buah ini bisa membantu masalah pencernaan. Buah berwarna hijau ini menjadi pencahar alami untuk mengatasi sembelit. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pencernaan termasuk BAB. Mengutip dari laman alodokter.com, manfaat lain serat bisa mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker usus, dan kanker pankreas.

3. Olahraga

Olahraga bisa merangsang otot-otot bagian bawah sistem pencernaan. Sehingga bagian usus bisa membuang limbah dari tubuh dalam bentuk kotoran. Contoh olahraga yang bisa mendorong BAB seperti berlari.

4. Kopi

Mengutip dari medicalnewstoday, beberapa penelitian lama menemukan kopi bisa membantu buang air besar. Penelitian yang di terbitkan tahun 2006, menemukan wanita yang meminum kopi tidak mengalami konstipasi. Sementara itu penelitian tahun 2015, menemukan kopi tanpa kafein bisa melancarkan BAB setelah operasi usus.

5. Biji Rami

Biji rami termasuk jenis biji-bijian yang di buat menjadi tepung untuk mengolah makanan. Dan biji rami juga bisa di jadikan suplemen herbal untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Salah satu penelitian memberikan 4 ml minyak biji rami setiap hari untuk di konsumsi. Hasil dari penelitian tersebut menemukan minyak biji rami bisa mengobati sembelit.

6. Perbanyak makanan probiotik dan prebiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ada dalam makanan. Mikroorganisme ini bisa berkembang biak dan pencernaan manusia dan berdampak baik untuk pencernaan. Makanan probiotik ini seperti keju, yogurt, dan tempe.

Prebiotik adalah komponen makanan yang memberi manfaat kesehatan. Prebiotik mengandung serat yang bisa meningkatkan frekuensi BAB dan membuat feses lebih lembut. Dan prebiotik banyak di temukan pada buah apel, kacang merah, semangka, oat, rumput laut, dan pisang.

7. Minyak Zaitun

Penelitian di World Journal of Gastroenterology pada tahun 2012, menemukan minyak zaitun dan minyak almond bermanfaat mengatasi sembelit. Dan penelitian lain yang di terbitkan Journal of Renal Nutrition pada tahun 2015, menemukan manfaat minyak zaitun, minyak biji rami, dan minyak mineral efektif melancarkan BAB.

Penelitian tersebut juga merekomendasikan 4 ml minyak zaitun per hari untuk dikonsumsi. Lemak di dalam minyak zaitun bisa membantu menghaluskan bagian dalam usus dan memudahkan BAB. Minyak ini bisa membantu membuat tinja menahan lebih banyak air. Orang dewasa bisa minum satu sendok makan minyak zaitun untuk meredakan sembelit. Jika anda konsumsi lebih dari dua sendok bisa menyebabkan diare dan kram di perut. Sementara itu bayi dan anak-anak yang sembelit tidak di anjurkan konsumsi minyak zaitun. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak-anak di anjurkan minum jus apel atau jus pir untuk mengatasi sembelit. Anak-anak dan balita di anjurkan untuk makan buah plum, aprikot, dan gandum yang memiliki serat tinggi.

8. Jangan Menahan BAB

Terbiasa menunda buang air besar, bisa menyebabkan usus besar lebih banyak menyerap air daripada tinja. Akibatnya feses menjadi lebih keras dan susah di keluarkan. Sebaiknya kurangi menunda BAB untuk melancarkan pencernaan.

Olahraga Ringan untuk Melancarkan BAB

Olahraga yang berkaitan dengan kardio bagus di lakukan untuk melancarkan pencernaan. Latihan kardio adalah semua jenis latihan aerobik yang membantu mengkondisikan sistem kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa gerakan kardio yang bisa di gunakan sebagai gerakan memperlancar BAB.

1. Berlari

Mulailah dengan joging secara perlahan dengan kecepatan yang nyaman. Cobalah untuk menyentuh tanah di bagian tengah ke depan kaki dan hindari memukul tanah dengan tumit terlebih dahulu. Tingkatkan kecepatan sampai mencapai kecepatan yang menantang, tetapi masih mudah di lakukan.

2. Bersepeda

Saat mulai mengendaraiĀ sepeda, Moms dapat memilih rute yang lebih panjang dan meningkatkan kecepatan. Gerakan mengayuh dapat menjadi gerakan memperlancar BAB yang juga bermanfaat bagi kesehatan secara umum.

3. Berjalan

Gerakan memperlancar BAB dengan berjalan dapat di lakukan dengan pemanasan berupa berjalan dengan kecepatan normal selama sekitar 5 menit. Lalu tingkatkan kecepatannya, lakukan jalan cepat setidaknya 30 menit sehari. Turunkan kembali kecepatan di akhir perjalanan dan lakukan peregangan ringan.

Jika Moms tidak dapat melakukan jalan kaki 30 menit penuh, lakukan jalan-jalan kecil sepanjang hari. Berjalan 10 – 15 menit beberapa kali setiap hari bisa sama efektifnya sebagai bagian dari gerakan memperlancar BAB.