Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil merupakan hal yang sangat normal terjadi. Tapi kondisi tersebut memang seringkali membuat seorang ibu merasa kurang nyaman. Pembengkakan yang normal selama masa kehamilan dikenal dengan nama edema.

Selain di bagian kaki, kondisi tersebut juga dapat terjadi di wajah maupun tangan. Terdapat berbagai macam cara untuk bisa mengatasi kaki bengkak ketika hamil yang dapat Anda lakukan. Mayoritas di sini adalah perubahan gaya hidup supaya jadi lebih sehat.

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil?

Kurangi Asupan Garam

Garam dapat mengakibatkan penyerapan air di dalam tubuh tidak berlangsung secara sempurna. Tentunya kondisi tersebut tidak Anda inginkan saat produksi cairan di tubuh tengah berlimpah. Maka dari itulah, untuk dapat mengurangi kaki bengkak ketika hamil tersebut sebaiknya hindari mengonsumsi makanan cepat saji serta makanan kemasan yang memiliki banyak kandungan garam.

Selain itu sebaiknya Anda tidak memakai terlalu banyak garam ketika memasak ataupun mengolah makanan sendiri di rumah.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein merupakan diuretik yang mana artinya kandungan tersebut akan membuat Anda jadi ingin buang air kecil. Kondisi tersebut membuat tubuh berpikir bahwasanya Anda kekurangan cairan sehingga terus menahan kelebihan cairan yang terdapat di tubuh yang mana hal itu bisa menyebabkan kaki Anda bengkak ketika hamil.

Kafein tak hanya terdapat pada minuman kopi saja, minuman lain seperti teh dan minuman berenergi juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Memperbanyak Jalan Kaki

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak ketika hamil tua yaitu dengan Anda melatih otot tubuh dengan banyak berjalan kaki. Berjalan kaki selama 5 hingga 10 menit dalam sehari akan membantu sirkulasi tubuh Anda serta bisa mengurangi kaki bengkak pada ibu yang tengah hamil.

Lebih Banyak Mengonsumsi Air Putih

Dengan di sini Anda minum cukup air putih maka tubuh nantinya tidak akan menganggap Anda kehausan atau bahkan mengalami dehidrasi. Ketika dehidrasi maka secara otomatis tubuh Anda akan menahan cairan supaya nantinya tidak keluar dari tubuh. Hal tersebut pasti tak Anda inginkan ketika tengah mengalami pembengkakan selama masa kehamilan.

Menambah Asupan Kalium

Kalium bisa membantu dalam menyeimbangkan kadar cairan yang akan terserap tubuh sehingga mampu mengurangi kondisi kaki bengkak ketika Anda hamil. Beberapa makanan yang bisa memenuhi kebutuhan kalium harian diantaranya yaitu bayam, pisang, kentang dan yogurt.

Pakai Sepatu yang Nyaman

Memakai sepatu yang nyaman sangatlah penting dilakukan untuk mengurangi pembengkakan selama Anda hamil. Pemakaian sepatu yang kurang nyaman seperti sepatu hak tinggi akan mengakibatkan salah satunya yaitu sakit pinggang, terutama ketika berat badan Anda naik dikarenakan hamil.

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Cara mengempeskan kaki bengkak ketika Anda hamil dan berikutnya yaitu dengan tidak berdiri atau duduk terlalu lama. Selain itu cobalah untuk duduk dengan posisi kaki Anda selonjor agar bisa meregangkan otot betis.

Kaki bengkak ketika hamil merupakan sesuatu yang sangat normal sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir jika mulai merasakan perubahan. Tapi meski begitu untuk beberapa kasus kaki bengkak yang terjadi pada ibu hamil juga bisa menjadi pertanda gangguan tertentu seperti preeklampsia. Yaitu sebuah komplikasi kehamilan yang terjadi oleh karena tekanan darah tinggi.

Tindakan medis yang tepat yaitu sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter jika pembengkakan yang terjadi disertai dengan kondisi diantaranya sakit kepala yang hebat, pandangan kabur, bengkak yang makin parah, pikiran jadi lindung dan sulit bernafas.