Deret Makanan Manjur Cegah Diabetes

 Deret Makanan Manjur : Bagi penyandang di abetes. mengonsumsi makanan cukup membingungkan lantaran salah pilih dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Tak heran, asupan makanan tepat menjadi penting bagi mereka dalam mencegah lonjakan gula darah serta komplikasi penyakit yang berbahaya.  saat kadar glukosa darah yang juga dikenal sebagai kadar gula darah, meningkat merupakan kondisi yang di sebut di abetes. Dalam istilah medis, di abetes adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penumpukan gula dalam aliran darah karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin. Hormon itu yang mengatur gula darah di sebut insulin. 

Ketika tidak ada cukup insulin atau sel yang merespon insulin, terlalu banyak gula darah tetap dalam aliran darah Anda yang menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, masalah mata, kerusakan saraf dan banyak lagi. Kondisi kesehatan ini sangat umum saat ini, 7 dari 10 menderita tetapi kita dapat menyembuhkannya dengan diet  dan nutrisi kita. Memiliki jumlah nutrisi yang tepat dapat menjaga gula darah kita dalam kisaran target, dan mencegah komplikasi di abetes.

Penyebab di abetes Faktor risiko atau penyebab di abetes

atau kadar gula darah tinggi tergantung pada jenis di abetes yang di diagnosis pasien. Namun, beberapa penyebab umum di abetes dapat mencakup resistensi insulin, obesitas atau kelebihan berat badan, gen dan riwayat keluarga, kesehatan pankreas yang buruk, dan obat tertentu.

Gejala diabetes

Tanda-tanda gejala diabetes, yang di sebabkan oleh kadar gula darah tinggi dapat meliputi, rasa haus yang meningkat, penurunan berat badan yang tidak dapat di jelaskan, serta sering buang air kecil. Juga, penglihatan kabur, sakit yang tak kunjung sembuh, kelelahan yang luar biasa, meningkatnya rasa lapar, kekuatan otot yang buruk, serta disfungsi ereksi (DE). Bahkan juga di tandai dengan kekeringan vagina, iritasi dan infeksi jamur Bagaimana mengendalikan di abetes dengan nutrisi? menyarankan beberapa nutrisi dan kebiasaan makan yang dapat secara efektif membantu mengendalikan kadar gula darah tinggi atau di abetes. 

Makanan kaya serat

Serat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah karena tubuh tidak dapat menyerap dan memecah serat, yang tidak mengakibatkan lonjakan gula darah seperti yang dapat di lakukan oleh karbohidrat lainnya. Ini membantu menjaga gula darah dalam kisaran target. Selain itu, makanan kaya serat membantu mengatur pencernaan. Ini juga menjaga kesehatan usus Anda tetap sehat dan dapat mengurangi kolesterol darah, yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Asupan sayuran

seperti sayuran berdaun gelap, dan sayuran kuning. Sayuran biasanya rendah gula, rendah lemak, makanan berserat yang menyediakan berbagai macam mineral, vitamin, dan antioksidan yang sangat baik. Misalnya brokoli. kembang kol. tomat, bawang merah, dan mentimun dapat secara efektif mengelola di abetes Konsumsi lemak dalam jumlah kecil setiap hari Lemak tinggi kalori dan memakannya secara teratur di luar batas dapat menyebabkan asupan kalori lebih banyak daripada yang di butuhkan tubuh Anda yang menghasilkan penambahan berat badan dan dapat

memengaruhi di abetes dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda dapat mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh (tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal) yang meningkatkan kontrol insulin. Lemak mengenyangkan yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan kemudian Anda terikat untuk mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat, yang sangat bagus untuk penderita di abetes.

Makan porsi kecil

Sangat penting untuk makan dengan cerdas. Jika Anda menderita di abetes, makanlah makanan dalam jumlah yang tepat setiap hari. Ini akan mencakup berapa banyak yang Anda makan, dan apa yang Anda makan sehingga Anda dapat memiliki jumlah karbohidrat yang tepat di setiap camilan atau makanan. Selain itu makan pada waktu yang tepat juga tak kalah penting.

Miliki jumlah karbohidrat yang tepat setiap hari yang pasti akan membantu Anda. Makan dengan cerdas membutuhkan usaha, tetapi itu sepadan. Makanan atau minuman tinggi karbohidrat yang tidak boleh Anda konsumsi adalah jus dengan tambahan gula, soda biasa, minuman energi, nasi putih, roti, pasta, dan sayuran bertepung seperti kentang, jagung, dan kacang polong.

Makanan GI rendah

 meningkatkan glukosa secara perlahan dalam tubuh Anda sedangkan makanan dengan GI tinggi meningkatkan kadar darah dengan cepat. Karbohidrat yang berbeda di cerna dan di serap pada tingkat yang berbeda. dan GI adalah peringkat seberapa cepat setiap makanan dan minuman berbasis karbohidrat membuat kadar gula darah naik setelah memakannya.  membantu dalam mendapatkan kontrol ketat atas gula darah.

Sertakan makanan rendah GI dalam makanan sehari-hari dengan memilih makanan seperti biji-bijian, makanan kaya protein dan makanan kaya serat. Memiliki rencana makan yang sehat memastikan Anda mengonsumsi nutrisi yang tepat dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Yang mengendalikan faktor penyakit jantung dan juga mengatur berat badan Anda. Tidak hanya fokus pada diet tetapi lebih aktif secara fisik. Ini mungkin menantang pada awalnya, tetapi pada akhirnya, Anda akan mendapatkan pola yang menyenangkan.