Dewasa Muda Yang Belajar Memasak Makan Lebih Banyak Sayuran

12 Agustus 2022 – “Perhatikan apa yang Anda makan” adalah pengulangan yang umum, tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa makan apa yang Anda tonton bisa menjadi cara yang efektif untuk memperbaiki pola makan seseorang.

Para peneliti di Kentucky menemukan bahwa mahasiswa yang menetapkan tujuan penurunan berat badan dan menonton video cara memasak makan lebih banyak buah dan sayuran dari waktu ke waktu.

Kegemukansangat meningkatkan risiko banyak penyakit dan sering menjadi masalah pada orang dewasa muda, yang sering memilih makanan cepat saji dan pilihan kurang sehat lainnya, kata Carol S. O’Neal, PhD, seorang profesor di University of Louisville dan penulis utama belajar.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa apa yang dikenal sebagai teori kognitif sosial, yang mengatakan bahwa kita semua dipengaruhi oleh lingkungan kita, dan penetapan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dapat meningkatkan kebiasaan makan orang dewasa muda. Tetapi menambahkan teknologi video sebagai alat pendidikan baru belum dipelajari dengan baik, O’Neal dan rekan menulis di Jurnal Pendidikan dan Perilaku Gizi.

Metode dan Hasil

Dalam studi tersebut, 138 mahasiswa berusia 18 hingga 40 tahun mengambil bagian dalam kursus 15 minggu di sebuah universitas metropolitan besar. Kursus ini mencakup kuliah tentang topik kesehatan, seperti karbohidrat, dan termasuk aktivitas berbasis keterampilan, seperti cara membaca daftar bahan. Para siswa dan instruktur kemudian mendiskusikan bagaimana keterampilan ini dapat mengarah pada pola makan yang lebih sehat dan membantu mereka memenuhi tujuan nutrisi, seperti makan lebih banyak biji-bijian.

Sebanyak 77 siswa menyelesaikan studi secara langsung, dan 61 mengambil bagian secara online. Mayoritas (59%) adalah mahasiswa tahun kedua, 74% berkulit putih, dan 82% adalah perempuan.

Siswa mengambil tantangan makanan mingguan untuk menggunakan apa yang telah mereka pelajari tentang bagaimana mengembangkan kebiasaan dan perilaku makan yang lebih baik. Seiring dengan tantangan, siswa menonton video memasak yang terkait dengan topik setiap minggu, seperti cara membuat oat semalam untuk minggu karbohidrat/gandum utuh yang sehat.

Siswa juga memilih dua tujuan setiap minggu – seperti memilih makanan gandum untuk meningkatkan serat, menggunakan piring yang lebih kecil untuk mengontrol porsi, memilih kacang tawar untuk makanan ringan, atau menambahkan salad ke makanan – dari daftar 10-15 tujuan. Idenya adalah untuk menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, realistis, dan terbatas waktu. Mereka juga menulis refleksi mingguan untuk melacak kemajuan mereka.

Hasil utamanya adalah makan lebih banyak buah dan sayuran, peningkatan memasak dan makan sehat, dan meningkatkan sikap tentang memasak dan makan sehat. Para peneliti mensurvei siswa untuk melihat apakah hasil ini terpenuhi.

Siswa dalam penelitian tersebut mengatakan mereka memenuhi tujuan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran per hari lebih sering dari sebelumnya, kata para peneliti.

Di akhir kursus, para siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah buah dan sayuran yang mereka makan, dan dalam keyakinan mereka sendiri bahwa mereka bisa makan lebih banyak hasil bumi, memasak, dan menggunakan lebih banyak buah, sayuran, dan bumbu daripada garam dalam memasak.

Dalam refleksi tertulis mereka, para siswa menunjukkan perubahan positif dalam perilaku mereka, seperti merencanakan makan sebelum berbelanja, menyiapkan makanan terlebih dahulu di akhir pekan, membawa makan siang ke sekolah, dan menggunakan bumbu dan rempah-rempah, catat para peneliti.

“Model ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai hasil kesehatan dalam dietetik, pendidikan kesehatan, dan program kesehatan masyarakat,” kata O’Neal. “Saya melihat waktu sebagai hambatan utama, tetapi hambatan ini dapat dikurangi untuk populasi yang dapat menggunakan pembelajaran online. Intervensi kami berhasil untuk pembelajaran tatap muka dan online.”

Gunakan di Dunia Nyata

“Bagi konsumen, implikasi dunia nyata sangat menarik,” kata M. Susan Jay, MD, dari Medical College of Wisconsin.

“Orang-orang semakin berusaha untuk makan sehat, dan meskipun dokter ingin memengaruhi makan sehat, kunjungan kantor yang terbatas mungkin tidak kondusif untuk perubahan perilaku,” katanya.

Studi ini penting sebagai cara untuk mengidentifikasi cara untuk memperbaiki pola makan dan nutrisi orang dewasa muda, kata Margaret Thew, DNP, seorang praktisi perawat dan direktur medis kedokteran remaja di University of Wisconsin.

Bahwa penelitian tersebut menyebabkan siswa makan lebih banyak buah dan sayuran tidak mengejutkan, karena siswa dalam penelitian ini mungkin lebih termotivasi untuk memperbaiki pola makan mereka, kata Thew. Tapi dia terkejut melihat peningkatan yang signifikan dalam sikap memasak setelah intervensi.

“Ini memberitahu saya bahwa kita perlu menawarkan lebih banyak kesempatan untuk mendidik orang dewasa muda tentang cara memasak untuk meningkatkan hasil diet,” katanya.