Diet dan Kesehatan Gigi

Kita semua tahu makan banyak makanan manis, permen dan soda menyebabkan kerusakan gigi. Itu tidak masuk akal. Tapi menyelam lebih dalam ke spesifik diet dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan gigi dan gigi berlubang akan sama menariknya bagi Anda seperti halnya bagi saya.

Sebagian besar dari kita percaya bahwa sekali Anda mengalami kerusakan gigi, rongga itu tidak dapat di balik dan satu-satunya solusi adalah dengan mengebor bagian gigi Anda dan di isi dengan bahan sintetis. Namun, telah terbukti bahwa ada cara untuk membalikkan gigi berlubang secara alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa gigi berlubang dan kerusakan gigi berpotensi dapat di atasi dengan diet.

Enam puluh dua anak dengan gigi berlubang dibagi menjadi tiga kelompok diet yang berbeda. Kelompok 1 makan makanan standar di tambah oatmeal, yang kaya akan asam fitat.  2 mengkonsumsi diet normal dan suplemen vitamin D3. 3 makan diet bebas biji-bijian dan di lengkapi dengan vitamin D3.

Hasilnya mengungkapkan bahwa Kelompok 1

yang mengonsumsi makanan tinggi biji-bijian dan asam fitat mengalami peningkatan gigi berlubang. Kelompok 2 menunjukkan peningkatan jumlah gigi berlubang. Kelompok 3, yang mengikuti diet bebas biji-bijian dengan makanan kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, daging, susu dan mengonsumsi vitamin D3, melihat peningkatan terbesar. Hampir semua gigi berlubang dalam kelompok ini disembuhkan.

 ada empat hal utama yang berkontribusi terhadap kerusakan gigi:

berkurangnya mineral dalam makanan (defisiensi kalsium, defisiensi magnesium dan defisiensi fosfor)

Kekurangan vitamin larut lemak (A, D, E dan K, terutama defisiensi vitamin D3)

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan kaya asam fitat

Terlalu banyak konsumsi gula olahan

Intinya bagi saya adalah sifat destruktif dari makanan kaya asam fitat,

yang banyak dari kita konsumsi secara teratur, jika tidak setiap hari. Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah, asam fitat atau fitat, adalah penghambat mineral dan penghambat enzim yang ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dalam makanan kita.

Alasan utama asam fitat menjadi masalah saat ini adalah karena kita telah menghentikan teknik persiapan makanan kuno, seperti perendaman, perkecambahan, atau fermentasi, yang membunuh asam fitat. Terlalu banyak asam fitat menyebabkan kekurangan mineral dalam dua cara – dengan mencegah Anda menyerap mineral dan juga menyebabkannya terlepas dari tulang dan gigi Anda – keduanya dapat menyebabkan osteoporosis serta masalah gigi.

Jadi, apakah Anda harus benar-benar melepaskan oatmeal pagi favorit Anda selamanya? Tidak, belum tentu. Saya akan menyarankan untuk membatasinya menjadi 2 atau 3 kali seminggu dan tidak setiap hari. Saya juga merekomendasikan merendam biji-bijian apa pun selama 3 atau 4 jam atau semalaman sebelum dimasak untuk menonaktifkan sebagian besar jika tidak semua fitat. Menumbuhkan adalah metode hebat lainnya.