Diet Tanpa Olahraga Untuk Kaum Rebahan

Diet Tanpa Olahraga, Banyak nih pasti dari kalian yang rajin olahraga untuk menurunkan berat badan. Sebagian  orang aktif dan rajin olahraga untuk menurunkan berat badan adalah cara mudah. Namun untuk kaum rebahan nih yang terbiasa mager untuk melakukan kesehariannya, gimana sih cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Nyatanya, cara menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa harus olahraga. Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini sudah terbukti secara ilmiah.

Tanpa olahraga, kita bisa melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Karena kunci utama menurunkan berat badan adalah membuang kalori dari dalam tubuh lebih banyak dibandingkan yang masuk (dari makanan/minuman). Lalu bagaimana sih cara diet tanpa olahraga itu?

Tips-tips Diet Tanpa Olahraga

1.  Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Tidak dipungkiri bahwa mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk tubuh, karena makanan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi cara ini juga bisa dilakukan untuk yang ingin diet tanpa olahraga.

Selain tinggi kandungan air, nutrisi dan serat, biasanya buah dan sayur juga memberikan energi dengan kalori rendah. Namun, terdapat catatan khusus yakni batasi konsumsinya karena beberapa jenis buah mengandung gula tinggi dan bisa menambah kolesterol.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang kamu bakar sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya. Selain itu, minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan penurunan asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia.

Air putih sangat baik untuk yang diet tanpa olahraga karena memberi efek perut lebih penuh, sehingga kamu lebih tahan lapar.

3. Perbanyak sumber protein

Salah satu nutrisi yang paling ampuh dalam hal penurunan berat badan adalah protein. Tubuh membakar kalori ketika mencerna dan meningkatkan metabolisme protein hingga 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

4. Membatasi Karbohidrat

Yang terpenting untuk menurunkan berat badan ialah dengan diet rendah karbohidrat. Dengan membatasi karbohidrat dan makan lebih banyak lemak dan protein mengurangi nafsu makan dan membantu kamu makan lebih sedikit kalori.

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan berat badan sangat cepat hingga 3 kali lebih besar dari diet rendah lemak standar. Namun perlu dicatat dan dikontrol dengan baik untuk diet rendah karbohidrat, karena berpotensi meningkatkan banyak faktor risiko penyakit.

5. Kunyah Makanan Perlahan

Hal ini bisa memungkinkan diet tanpa olahraga karena saat makan terlalu lama otak punya waktu lebih untuk mengenali rasa kenyang. Mengunyah pelan-pelan juga memungkinkan semua makanan diproses dengan lebih baik, yang pada akhirnya menurunkan jumlah makanan yang masuk. Sekaligus memunculkan rasa kenyang lebih cepat.

6. Hindari makanan atau minuman manis

Biasanya makanan dan minuman manis mengandung gula tambahan. Selain itu, makanan dan minuman ini juga kerap mengandung nutrisi yang tidak bagus untuk kesehatan, termasuk minuman organik seperti jus buah yang mengandung gula yang cukup banyak.

7. Catat Jumlah Kalori Harian

Menyadari apa yang kamu makan sangat membantu saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa menggunakan aplikasi di handphone kamu untuk menghitungnya atau membuat catatan harian apa saja yang sudah kamu makan pada hari itu.

8. Gunakan piring kecil

Terlihat sepele, namun memperhatikan porsi makanan jadi kunci penting dalam menurunkan berat badan. Cobalah gunakan piring yang lebih kecil ketika kamu makan makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak dan gula.

Harapannya kamu akan mengonsumsi lebih sedikit makanan tersebut. Sebaliknya, coba sajikan makanan sehat di piring yang lebih besar agar kamu bersemangat menghabiskannya lebih banyak.

9. Hindari gadget

Kebiasaan buruk bermain gadget di mana-mana termasuk saat makan juga bisa mengakibatkan hal yang tidak sehat. Baiknya hindarkan gadget atau menonton tv saat makan karena bisa memicu makan berlebih. Dengan fokus terhadap makanan kamu akan tahu seberapa banyak makanan yang sudah masuk ke mulut.

10. Tidur Cukup

Cara diet sehat dan cepat untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah tidur yang cukup. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur 55 persen lebih mungkin mengalami obesitas, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Sebab kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk.
Ada banyak cara diet tanpa olahraga untuk kaum rebahan. Kamu bisa mulai mempraktikkannya sebagai perubahan gaya hidup yang positif. Meski begitu, olahraga terbukti dapat meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental. Jadi, menambahkan olahraga dengan cara-cara di atas tentunya dapat mengoptimalkan hasil penurunan berat badan.