Fungsi Utama Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin juga memiliki fungsi lain, simak serba-serbinya di bawah ini.

Menurut buku Sukses Ulangan SD Kelas 2 yang diterbitkan oleh Tim Smart Center, vitamin merupakan zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh.
Lebih lanjut, vitamin dan mineral membantu menghasilkan energi tubuh dan reaksi kimia dalam sel melalui ratusan enzim dan hormon sebagai pelancar reaksi kimiawi.

Macam-Macam Vitamin dan Manfaatnya

Menyadur dari buku Resep Mudah Tetap Sehat yang disusun oleh Dr. Hendrawan Nadesul, ada berbagai macam vitamin yang memiliki manfaatnya masing-masing.
1. Vitamin A
Sumber makanan yang mengandung vitamin A adalah susu, ikan, sayuran berwarna hijau (bayam), dan hati.
Jika kekurangan mengonsumsi vitamin A, seseorang akan lebih berisiko terkena berbagai macam penyakit, seperti rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, hingga menurunnya daya tahan tubuh.
Fungsi utama vitamin A adalah menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, rambut dan melawan infeksi di selaput lendir mulut. Tidak hanya itu, vitamin A juga bisa membangun sistem kekebalan tubuh.
2. Vitamin B1
Vitamin B1 sering ditemukan dalam makanan gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dan sebagainya.
Vitamin B1 memberikan manfaat sebagai pemecah nutrisi penting yang masuk ke dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi.
Penyakit yang ditimbulkan jika kekurangan vitamin B1 adalah kulit bersisik dan daya tahan tubuh menurun.
3. Vitamin B2
Vitamin B2 juga disebut dengan riboflavin atau vitamin panjang umur. Sumber makanan yang mengandung vitamin B2 adalah sayur-sayuran, segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan lainnya.
Penyakit yang biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin B2 adalah menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, dan juga sebagainya.
4. Vitamin C
Bahan makanan sumber vitamin C penting untuk membantu tubuh sebagai antioksidan zat penawar radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung vitamin C adalah jambu biji, jeruk, tomat, nanas, sayuran, dan lainnya.
Seseorang yang kekurangan vitamin C dapat mudah menyebabkan infeksi pada luka gusi berdarah, rasa nyeri persendian.
5. Vitamin D
Vitamin penting untuk gigi dan juga tulang karena mengandung kalsium. Sumber makanan yang mengandung vitamin D, di antaranya minyak ikan, susu, telur, hingga keju.
Vitamin D yang kurang di dalam tubuh bisa menyebabkan gigi mudah rusak, otak mengalami kejang-kejang, dan pertumbuhan tulang tidak normal.
6. Vitamin E
Vitamin E penting untuk kinerja seksual dan untuk menggerakkan saraf serta otot. Sumber makanan yang mengandung vitamin E adalah ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak, dan tumbuh-tumbuhan.