Gaya Dalam Berenang yang Wajib Dicoba

Gaya Dalam Berenang yang Wajib Dicoba: Apakah kamu tahu jika belajar renang menjadi salah satu kemampuan yang dianjurkan untuk dipelajari? Berenang bisa menjadi salah satu kemampuan untuk bertahan hidup, khususnya dari bencana banjir. Selain itu, renang juga punya banyak manfaatnya bagi tubuh.

Apa Itu Berenang?

Tidak sedikit orang yang mengetahui salah satu olahraga ini. Renang menjadi satu di antara aktivitas yang mengasyikan. Renang atau berenang merupakan kegiatan yang juga menyehatkan. Setelah berenang biasanya tubuh terasa bugar dan rileks. Perasaan cemas dan stres bisa berkurang. Kegiatan olahraga ini telah banyak diketahui memberi manfaat besar lainnya untuk kesehatan

Semua orang bisa berenang. Jika kamu termasuk orang yang belum bisa berenang atau merasa kalangan pemula, sudah saatnya mencoba mempelajari cara berenang dan mempraktikkannya. Ada macam-macam gaya renang yang penting untuk diketahui. Macam-macam gaya dalam berenang beserta tekniknya perlu diketahui agar kamu tidak mengalami cedera.

Manfaat Olahraga Berenang

1. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Bagi yang menjalankan rutinitas yang kebanyakan duduk tegak di sekolah atau di kantor, berenang bisa dijadikan olahraga rutinmu, lho. Dengan berenang, otot dan tulang jadi semakin kuat karena seluruh ototmu bergerak dan terbentuk sempurna. Kamu tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya bersepeda atau lari.

2. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Gerakan-gerakan ketika berenang dapat membuat aliran darah lebih lancar dan dengan sendirinya pernapasan akan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang. Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari.

3. Menyingkirkan stres dan depresi

Mungkin kamu tidak sadar bahwa dengan menyentuh air hatimu akan terasa lebih tenang. Apalagi berenang, kamu akan merasa rileks dan mood meningkat. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Begitulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi.

4. Menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat, berenanglah dengan rutin. Dengan berenang selama setengah jam, setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya ya.

5. Meningkatkan tinggi badan

Membiasakan berenang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

6. Menjadikan awet muda

Berenang dapat membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Menurut riset dari Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika kamu rutin berenang, di usia senja nanti kamu akan terlihat 20 tahun lebih muda.

7. Mencerdaskan otak

Menurut studi di Journal of Physiology, aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen ketika pria menceburkan diri di air sampai jantungnya. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu.

Itulah manfaat berenang untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Nah, sudah jelas kan sekarang? Bagaimana? Apakah kamu mau menjadikan berenang menjadi olahraga rutinmu? Eh, tunggu dulu, olahraga ini harus di dampingi dengan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat juga ya, agar manfaatnya maksimal. Semangat hidup sehat!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

Berenang adalah aktivitas yang mudah, memiliki segudang manfaat, dan dapat dilakukan siapa aja. Anda perlu memiliki perlengkapan renang, seperti baju atau celana renang, kacamata renang, pull buoys, pelampung (kickboard), dan kaki katak (fins).

Beberapa tips yang penting untuk diperhatikan sebelum berenang adalah sebagai berikut ini.

  • Pastikan Anda mengetahui teknik dasar berenang, jika baru memulai pastikan dengan pengawasan instruktur atau teman yang sudah mahir berenang.
  • Pilih lingkungan kolam renang yang aman dan nyaman.
  • Oleskan krim tabir surya pada kulit tubuh dan wajah apabila Anda berenang di kolam luar ruangan (outdoor).
  • Pemanasan dan peregangan pada otot itu penting, dan jangan lupa juga peregangan persendian sebelum memasuki air.
  • Membiasakan tubuh di dalam air dengan berjalan-jalan kecil mengelilingi kolam renang.
  • Selalu menyediakan banyak cairan dan minum secara teratur.

Jika Anda baru mulai berenang, jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya. Temui dan konsultasikan pada dokter jika Anda sudah tidak berolahraga dalam waktu lama.

Macam-Macam Gaya Dalam Berenang Beserta Tekniknya

1. Gaya renang bebas

Gaya renang bebas adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Meski di sebut dengan gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini mempunyai aturan.

Jadi, saat melakukan gaya bebas, posisi badan berada di atas permukaan air. Tangan mengayuh ke depan, sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.

Untuk teknik pengambilan napas adalah saat tangan diangkat ke atas untuk mengayuh kemudian kepala di gelengkan dengan serong ke kanan atau ke kiri. Setelah itu lakukan penarikan napas bisa dengan mulut atau hidung.

2. Gaya renang dada

Gaya dalam berenang ini merupakan teknik renang yang mirip dengan katak saat berenang dan bisa di jadikan latihan yang bagus dan di rekomendasikan bagi para pemula.

Cocok untuk orang yang ingin berenang secara santai. Untuk kecepatan, gaya dada lebih rendah di bandingkan dengan gaya bebas.

Teknik gaya dada ini memiliki kekuatan di tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan. Gaya ini juga membutuhkan gerakan tangan untuk mendorong ke bawah di saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

3. Gaya renang kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu di sebut juga sebagai gaya lumba-lumba. Gaya renang kupu-kupu ialah teknik renang yang di dapat dari pengembangan gaya dada. Pada teknik dasar renang gaya kupu-kupu yang harus di miliki adalah kekuatan lengan. Hal tersebut karena gaya kupu-kupu memusatkan kekuatan pada lengan.

Untuk gerakannya dapat seperti lumba-lumba yang masuk ke air, kemudian keluar saat tangan di dorong ke bawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan. Kecepatan teknik gaya kupu-kupu lebih cepat daripada gaya bebas. Untuk melakukannya kalian membutuhkan tenaga yang lebih besar dari biasanya.

4. Gaya renang punggung

Gaya renang punggung adalah teknik renang dengan posisi badan terlentang melihat ke atas, untuk posisi punggung berada di permukaan air.

Untuk gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tapi arahnya berlawanan. Dan untuk teknik pengambilan napas gaya punggung bisa di lakukan kapan saja karena wajah berada di atas air dan menghadap ke atas. Manfaat dari renang gaya ini untuk melatih otot punggung dan lengan.

5. Gaya renang anjing

Gaya renang anjing adalah teknik berenang yang memiliki gerakan seperti anjing berenang di air, posisi kepala berada di atas air dan untuk kaki tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang.

Jenis ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan bagi para pemula yang belum bisa berenang atau melayang di atas air.

6. Gaya renang samping

Teknik gaya renang yang menggunakan sisi samping bagian tubuh. Gaya dalam renang satu ini merupakan gaya renang yang jarang di lombakan dalam kompetisi. sebenarnya gaya renang satu ini jarang di ketahui. Jika kamu mau melatih gaya ini, kalian bisa menambah skill atau kemampuanmu untuk variasi berenang.

Teknik gaya ini bisa menggunakan sisi bagian samping tubuh untuk melakukan aktivitas berenang. Untuk posisi awal, apungkan satu di antara sisi tubuhmu ke air.

Buka kaki melebar seperti gunting lalu luruskan bagian lengan yang berada di dalam air ke depan melewati kepala. Untuk lengan satunya, rilekskan saja, tetap berada di samping atas badan. Bagian kepala setengah berada di air dan setengah berada di udara. Gerakan lengan yang berada di bawah seolah menyapu air setengah melingkar. Koordinasikan dengan gerakan kaki yang bergerak seperti gunting.

7. Trudgen

Gaya renang trudgen mempunyai kemiripan dengan renang gaya bebas, yang membedakan adalah gerakan kakinya. Gerakan kakinya seperti menggunting untuk tangan mempunyai gerakan seperti kincir angin.

Ppertama-tama renggangkan punggung di air dengan wajah di atas permukaan air. Lalu, pertahankan pergelangan kakimu terkulai seperti sirip.

Tendangkan kaki secara terus menerus secara bertolak belakang seperti gunting. Keluarkan satu lengan tangan ke luar air dengan gerakan memutar seperti kincir. Tarik lengan satunya ke bawah tubuh sampai paha. Ulangi gerakan tangan tersebut secara beraturan. Ambil napas kapan pun kamu mau.

Nah, itu dia beberapa gaya dalam berenang yang mudah dan bisa kamu coba. Macam gaya renang ini cocok untuk orang dewasa maupun anak kecil. Kamu pernah belajar gaya renang yang mana?