Makanan Anti Kortisol

Makanan Anti Kortisol: adalah hormon yang di produksi oleh kolesterol dan termasuk dalam kelompok glukokortikoid. Hal ini terlepas dari kelenjar adrenal setelah sinyal dari kelenjar pituitari. Kortisol di sebut hormon stres dan ini sama sekali bukan kebetulan – faktor utama yang merangsang sintesisnya adalah berbagai stres yang dapat bersifat berbeda – konsumsi makanan berbahaya, olahraga keras, trauma, emosi yang kuat, malnutrisi, kurang tidur, sakit, tes nyeri.

Manfaat kortisol

Ketika kortisol dalam kadar normal, itu hanya membawa manfaat bagi tubuh. Sekresi normalnya penting untuk sejumlah proses penting. Ini mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan memori dan kemampuan untuk berkonsentrasi. Tingkat kortisol yang tinggi untuk jangka waktu yang lama membawa sejumlah hal negatif. Secara bertahap menurunkan kekebalan, menurunkan sekresi hormon testosteron dan somatotropin, menekan fungsi tiroid, ketidakseimbangan gula darah, tekanan darah meningkat, kemampuan kognitif menurun.

Itu terus-menerus mengurangi jaringan otot, meningkatkan jaringan lemak, mempercepat penuaan sel. Kadar kortisol yang tinggi menyebabkan bisul. diabetes dan stretch mark, kepadatan tulang berkurang, yang merupakan penyumbang utama osteoporosis.

Gejala kortisol tinggi

Gejala kortisol tinggi berbeda. Seseorang yang menderita masalah yang sama mulai mengalami perubahan suasana hati yang berbeda – kecemasan, depresi dan peningkatan iritabilitas. Hal ini di sebabkan oleh fakta bahwa kortisol mempengaruhi sintesis dopamin dan serotonin. Seperti menjadi jelas, sintesis kortisol tertinggi di pagi hari ketika seseorang harus bangun dan segar dan energik. Orang yang memiliki kortisol tinggi di pagi hari merasa lelah, dan pada saat yang sama mereka merasa bosan.

Berat badan meningkat secara bertahap karena kortisol tidak hanya merangsang nafsu makan tetapi juga meningkatkan keinginan untuk makan. Tingkat hormon yang tinggi menyebabkan [dehidrasi kulit], yang pada gilirannya menyebabkan kerutan dini dan penuaan. Kortisol tinggi yang di sebabkan oleh stres terus-menerus dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dengan demikian meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Pemeriksaan kortisol

Studi kortisol di tugaskan untuk menentukan kadar darahnya. Dua sampel darah biasanya di ambil – satu pagi dan satu malam karena kadarnya berbeda. Paling umum, penelitian semacam itu di rancang untuk mendiagnosis masalah kelenjar pituitari atau adrenal. Sebelum pengangkatan, seseorang harus mempersiapkan diri. Untuk itu, sehari sebelumnya menghindari aktivitas fisik, dan setengah jam sebelum sampel itu sendiri di letakkan. Mengambil beberapa obat dapat mengubah hasil, jadi jika Anda minum pil, Anda harus memberi tahu dokter Anda tentang hal itu.

Penelitian tidak boleh di lakukan setelah mengalami stres mental atau fisik selama kehamilan atau gula darah rendah saat minum obat tertentu. Penyimpangan dari norma mungkin disebabkan oleh penyakit dan masalah tertentu. Tingkat tinggi mungkin karena ginjal, hati, obesitas, depresi, hipertiroidisme. Penyebab paling umum adalah sindrom Cushing.

Kadar kortisol yang rendah dapat di sebabkan oleh pendarahan di organ dalam atau penyakit Addison.

Pengendalian korosi

Menghindari tingkat kortisol yang terus meningkat merupakan prasyarat penting untuk kesehatan yang baik. Untuk mencegah konsekuensi negatif, setiap orang harus mencoba mematuhi beberapa aturan dasar. Pertama-tama, perlu untuk mengurangi stres sebanyak mungkin. Ini adalah penyebab utama kortisol tinggi dan perlu di sesuaikan. Tidur nyenyak itu penting, olahraga yang terlalu berat harus di ganti dengan yang sedang.

Diet drastis di hindari, dan makanan harus berkualitas dan lengkap. Kopi dan minuman energi harus di kurangi untuk menghindari asap rokok. Stres sehari-hari yang di sebabkan oleh pertunangan, imobilisasi, mengonsumsi kafein, alkohol dan rokok, kurang tidur dan ketidakseimbangan nutrisi harus di ganti dengan olahraga, berlatih yoga dan meditasi, perubahan total dalam gaya hidup.

Makanan dan kortisol

Seperti banyak hormon lainnya, nutrisi juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjaga kadar kortisol normal. Untuk menjaga kadar kortisol, terutama dalam kasus orang terlatih yang aktif, diet yang tepat harus di kembangkan yang mencakup sekitar 6 kali sehari, dibagi menjadi porsi kecil. Asupan kalori yang sangat berkurang dapat meningkatkan kadar kortisol hingga 40%.

Peningkatan kortisol terjadi karena terlalu banyak makan gula, cokelat, dan kopi, makanan yang sangat tinggi lemak. Bawang putih adalah salah satu makanan yang paling berguna dalam hal kontrol kortisol. Hal ini di karenakan kandungan vitamin C di dalamnya.