Makanan Penambah Tinggi Badan yang Sehat dan Enak

Makanan Penambah Tinggi Badan, Makanan punya peran penting untuk pertumbuhan. Jadi bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan, penting nih mengetahui apa saja makanan penambah tinggi badan.

Secara umum, makanan-makanan yang bisa menambah tinggi badan biasanya berupa makanan yang mendukung pertumbuhan tulang. Lalu sebenarnya, tinggi badan masih bisa bertambah tidak sih setelah seseorang dewasa? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini!

Makanan Penambah Tinggi Badan

Ingin menambah tinggi badan dengan cepat? Berikut daftar makanan dan minuman penambah tinggi badan yang bisa kamu konsumsi:

1. Kacang

Makanan penambah tinggi badan yang pertama adalah kacang. Kacang sangat bergizi dan merupakan sumber protein yang sangat baik. Protein telah terbukti meningkatkan kadar insulin-like growth factor 1 (IGF-1), hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak-anak.

Kacang juga mengandung zat besi dan vitamin B yang tinggi, yang dapat membantu melindungi dari anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Tidak hanya zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan, tetapi anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak. Selain itu, kacang-kacangan kaya akan beberapa nutrisi lain, seperti serat, tembaga, magnesium, mangan, dan seng.

2. Ayam

Makanan penambah tinggi badan yang kedua adalah ayam. Kaya akan protein bersama dengan berbagai nutrisi penting lainnya, ayam bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk makanan sehat. Ayam sangat tinggi vitamin B12, vitamin yang larut dalam air yang sangat penting dalam hal agar tubuh tumbuh lebih tinggi dan menjaga tinggi badan Anda.

Ayamjuga sarat dengan taurin, asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Terlebih lagi, ayam sarat dengan protein, mengandung sekitar 20 gram dalam porsi 3 ons (85 gram). Meskipun profil nutrisi yang tepat dapat sedikit berbeda berdasarkan cara memotong dan memasak, ayam juga merupakan sumber niasin, selenium, fosfor, dan vitamin B6 yang baik.

3. Almond

Makanan penambah tinggi badan yang ketiga adalah almond. Kacang almond dikemas dengan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan agat tubuh dapat tumbuh lebih tinggi. Selain mengandung banyak lemak sehat, almond juga kaya serat, mangan, dan magnesium.

Makanan Penambah Tinggi Badan

Ditambah, almond kaya akan vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi ganda sebagai antioksidan. Kekurangan vitamin penting ini bisa menyebabkan efek samping yang serius, termasuk terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak.

Almond juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Dalam satu penelitian kecil pada 14 orang, mengonsumsi almond ditemukan dapat menghambat pembentukan osteoklas, yaitu sejenis sel yang memecah jaringan tulang.

4. Sayuran

Makanan penambah tinggi badan yang keempat adalah sayur-sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan kubis, sangat terkenal dalam hal kandungan nutrisi. Sementara jumlah nutrisi yang tepat berfluktuasi di antara berbagai jenis, sayuran hijau umumnya menawarkan jumlah vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium yang terkonsentrasi.

Sayur berdaun hijau juga kaya vitamin K, yaitu nutrisi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk mendukung pertumbuhan yang lebih baik dan membantu menjaga tinggi badan. Jepang pada 103 wanita bahkan menunjukkan bahwa asupan sayuran hijau secara teratur dapat menurunkan risiko penurunan massa tulang secara signifikan.

5. Yoghurt

Makanan penambah tinggi badan yang kelima adalah yoghurt. Yoghurt merupakan sumber nutrisi utama yang penting untuk pertumbuhan, termasuk protein. Faktanya, 7 ons (200 gram) yoghurt Yunani mengandung hampir 20 gram protein. Yoghurt jenis tertentu juga mengandung probiotik, yaitu jenis bakteri menguntungkan yang dapat membantu mendukung kesehatan usus.

Selain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan pada anak. Yoghurt juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik yang terlibat dalam metabolisme tulang, termasuk kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

6. Telur

Telur memiliki kandungan protein hampir 6,5 gram dan hampir semua asam amino esensial ada di dalamnya. Hal ini menjadikan telur sebagai sumber protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak dan juga sebagai makanan penambah tinggi badan remaja.

7. Ikan salmon

Selain sebagai sumber lemak omega-3, ikan salmon juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam setiap 6 ons ikan salmon, terdapat kandungan 181 mg kalsium yang mendukung pertumbuhan tinggi badan.

Tak hanya itu, salmon juga memiliki kandungan vitamin D dan zat fosfor yang berperan penting mempercepat penyerapan kalsium. Maka dari itu, ikan salmon sangat cocok sebagai makanan penambah tinggi badan dewasa, remaja, maupun anak-anak.

8. Buah beri

Kamu juga bisa mengonsumsi buah penambah tinggi badan untuk mendukung pertumbuhan. Buah beri seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry kaya akan vitamin C yang membantu penyerapan kalsium, yaitu mineral yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

Makanan Penambah Tinggi Badan

Mengonsumsi buah-buahan ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kesehatan tulang yang dapat membantumu tumbuh lebih tinggi atau mempertahankan tinggi badan.

Tidak ada cara instan untuk menambah tinggi badan, apalagi setelah usia dewasa. Hal yang penting dilakukan adalah menerapkan olahraga rutin dan makan makanan penambah tinggi bada sesuai saran yang diberikan di atas. Bukan hanya tinggi badan yang mungkin bertambah, kamu juga dipastikan akan merasakan tubuh lebih bugar.