Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Makanan Rendah Kalori untuk Diet: Makanan rendah kalori yang memiliki kadar lemak sedikit kerap dipilih saat menjalani program diet. Meski rendah kalori, Anda tetap perlu memastikan nutrisinya agar sesuai dengan kebutuhan gizi dalam tubuh.

Daftar Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Pemilihan makanan rendah kalori tidak boleh sembarangan supaya kebutuhan nutrisi tubuh Anda tetap terpenuhi dengan baik. Berikut adalah beberapa jenis makanan rendah kalori bernutrisi tinggi yang bisa Anda konsumsi.

1. Oat

Oat dapat menjadi salah satu makanan yang cocok untuk program diet sehat. Oatmeal seringkali dikonsumsi untuk sarapan pagi dalam keadaan hangat. Makanan rendah kalori nan sehat ini juga termasuk dalam daftar makanan yang mengenyangkan dan menempati peringkat ketiga pada indeks kekenyangan makanan. Hal ini terutama karena kandungan seratnya yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air.

2. Buah-buahan beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi ketika menurunkan berat badan.Tidak hanya rendah kalori, buah beri juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tingginya serat yang terkandung dalam buah beri mampu meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi rasa lapar.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah makanan sehat yang baik untuk menurunkan berat badan. Sayur merupakan makanan rendah kalori, tapi kaya akan serat yang bisa membuatmu merasa kenyang. Tidak hanya bisa di jadikan sebagai lauk, beberapa sayuran yang punya tekstur renyah juga bisa dijadikan sebagai camilan, lho. Contohnya brokoli, wortel, seledri, mentimun, atau paprika.

4. Telur

Telur sangat mudah mengenyangkan untuk perut dan sangat tinggi protein. Sebutir telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta berbagai vitamin dan mineral penting.

Studi menunjukkan bahwa sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang berkat protein yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya Anda mengonsumsi telur rebus untuk menghindari minyak yang dapat meningkatkan kadar lemak jahat jika telur di goreng.

5. Kentang

Berbeda dengan kentang goreng dan keripik kentang yang tinggi lemak, kentang panggang dan kentang rebus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dalam menurunkan berat badan.

Sebuah kentang panggang berukuran sedang (yang tidak dikupas kulitnya) hanya mengandung 161 kalori.  Ada pula kandungan protein dan serat di dalam makanan rendah kalori ini yang dapat membantu Anda merasa lebih kenyang.

6. Dada ayam

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam, merupakan makanan yang rendah kalori dan tinggi protein.  Sekitar 85 gram dada ayam yang belum di masak hanya mengandung sekitar 100 kalori.

Selain itu, dada ayam tanpa kulit adalah sumber protein, niasin, selenium, dan vitamin B-12 yang sangat baik.  Anda dapat menjaga kalorin dada ayam tetap rendah dengan memasaknya sebagai sup yang di campur dengan sayur-mayur, seperti wortel atau brokoli.

7. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan merasa kenyang.  Selain kaya vitamin A dan C, semangka termasuk buah rendah kalori. Satu cangkir atau sekitar 125 gram semangka yang di potong dadu hanya mengandung 46 kalori. Konsumsi makanan dengan kalori yang rendah, seperti semangka, kerap di kaitkan dengan penurunan berat badan.

8. Udang

Udang punya kandungan protein, selenium, niasin, dan vitamin B-12 yang melimpah.  Dan juga rendah kalori sehingga baik untuk dikonsumsi. Sekitar 4 udang berukuran besar yang di masak hanya mengandung sekitar 26 kalori.  Dapat di sajikan dalam berbagai hidangan. Akan tetapi, jangan lupa untuk menambahkan sayur-mayur di dalamnya.

9. Apel

Apel adalah buah yang sangat bergizi dan rendah kalori. Satu cangkir apel potong atau sekitar 109 gram mengandung 62 kalori dan 3 gram serat makanan. Makanan rendah kalori yang mengenyangkan ini juga merupakan sumber nutrisi yang baik, seperti vitamin C, kalium, dan senyawa antioksidan yang disebut quercetin.

Dari beberapa penjelasan tentang makanan rendah kalori yang dapat anda konsumsi, Jangan lupa juga untuk rajin mengonsumsi air mineral. Salam sehat!