Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari untuk Kesehatan

Manfaat Bersepeda, Tak hanya sekedar untuk rekreasi, namun juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat olahraga sepeda bisa sangat terasa apabila dilakukan setiap hari. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang praktis dan mudah dilakukan.

Ini membuat olahraga ini diminati semua kalangan usia, baik anak hingga orang dewasa. Belum lagi manfaat bersepeda bagi tubuh yang tak sedikit. Untuk waktunya, Anda bisa mencoba mengayuh sepeda Anda di pagi hari. Apa manfaat bersepeda di pagi hari?

Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari untuk Kesehatan

Bersepeda memang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan, terlebih jika Anda melakukannya di pagi hari. Simak beberapa dapatkan manfaat bersepeda berikut ini.

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Ingin mengontrol berat badan Anda dengan cara yang mudah dan menyenangkan? Bermain sepeda di pagi hari bisa menjadi salah satu pilihannya.

Bersepeda secara rutin ternyata bisa membantu Anda membakar lemak dalam tubuh. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat agar diet yang Anda lakukan pun jadi lebih maksimal.

Selain itu, perlu diingat bahwa kalori yang dibakar saat bersepeda, biasanya tergantung dari seberapa lama, cepat, dan jarak yang Anda tempuh, ya, Ruppers!

2. Meningkatkan Stamina

Manfaat bersepeda untuk tubuh berikutnya adalah bisa meningkatkan stamina. Olahraga yang ringan dan menyenangkan ini juga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Apalagi, kegiatan ini dapat memperkuat jantung dan paru-paru.

3. Dapat Mengurangi Stress

Pernah merasa suntuk dengan pekerjaan sehari-hari Anda? Mungkin Anda butuh refreshing, nih. Tidak perlu berpikir jauh hingga berlibur ke luar kota atau luar negeri, Anda bisa melakukannya dengan cara bersepeda.

Ternyata, bersepeda secara rutin dapat membantu tubuh memproduksi hormon endorfin, yang bisa memunculkan rasa nyaman dan meningkatkan suasana hati. Yuk, mulai rutin bersepeda agar tubuh semakin sehat dan pikiran pun semakin tenang.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat bersepeda secara rutin berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan otak. Olahraga satu ini dipercaya dapat eminimalisir penurunan fungsi daya pikir dan risiko demensia.

Hal ini disebabkan karena ketika kita mengayuh sepeda, peningkatan aliran darah menuju otak pun semakin lancar. Anda hanya perlu melakukan olahraga ini selama 45 sampai 60 menit setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

5. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bersepeda ternyata juga bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Namun, Anda tetap perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Selain itu, bersepeda juga sangat bermanfaat untuk penderita kanker yang sedang dalam masa pemulihan karena bisa meningkatkan kualitas hidup. Bila kita rutin bersepeda, maka tubuh kita pun akan lebih sehat dan menurunkan risiko terkena kanker paru-paru dan kanker kolekteral, terutama ketika usia bertambah tua.

6. Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain kanker, kegiatan bersepeda juga dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung. Bila kita bersepeda secara rutin, maka bisa merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, serta meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular. Olahraga ini juga dapat menurunkan kadar lemak dalam darah dan memperkuat otot jantung.

7. Baik untuk Persendian

Sendi merupakan pertemuan antara satu bagian tulang dengan yang lainnya. Ketika bersepeda dan duduk, maka beban tubuh tidak sepenuhnya ditopang oleh sendi di kaki sehingga hal ini meminimalisir stres yang diterima oleh sendi yang menopang berat badan.

Sehingga, manfaat bersepeda di pagi hari akan memacu pergerakan di bagian sendi. “Bersepeda baik untuk siapapun yang memiliki riwayat penyakit persendian atau nyeri karena umur,” ujar Dr. Safran-Norton.

Ada banyak persendian yang melibatkan olahraga bersepeda, salah satunya adalah bagian lutut. Tumpuan ini juga menggunakan otot paha sebagai tenaga gerak sendi utama.

Itulah beragam manfaat bersepeda di pagi hari bagi tubuh yang patut Anda ketahui. Faktanya, bersepeda 30 menit setiap hari mampu membakar hampir 5 kilogram lemak secara teratur.

Namun kembali ke poin awal, harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti istirahat cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan cukup minum air putih. Air minum berperan penting menjaga tubuh dari kekurangan cairan. Pasalnya, tubuh membutuhkan cairan untuk organ-organ seperti jantung, lambung, paru-paru, otak, dan lain sebagainya.