Manfaat Olahraga Air Bagi Kesehatan

Sebagai seorang atlet triatlon, selama bertahun-tahun saya mengalami cedera sendi dan otot. Beberapa di antaranya sampai pada titik yang memengaruhi kemampuan saya untuk berlatih seperti biasanya melalui berenang, bersepeda, dan berlari. Tidak ingin kehilangan kebugaran yang telah saya usahakan dengan keras selama satu tahun pelatihan, saya mulai mencari beberapa bentuk latihan alternatif yang dapat saya lakukan yang tidak akan menambah cedera saya, sementara pada saat yang sama memungkinkan saya untuk melanjutkan proses penyembuhan. Latihan air adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita perenang setidaknya pernah temui orang lain lakukan dari waktu ke waktu saat kita berada di kolam renang, tapi saya yakin banyak dari Anda yang belum mencobanya. Saya harus mengatakan sebelum melangkah lebih jauh, olahraga air tidak hanya untuk orang tua, juga tidak harus digunakan semata-mata untuk rehabilitasi. Latihan air adalah cara yang efektif untuk menjaga kebugaran kardio, meningkatkan kekuatan dan membuat Anda tetap berjalan jika terjadi cedera. Karena daya apung, air menopang berat badan kita, yang diterjemahkan menjadi bentuk olahraga yang sangat ringan.

Olahraga air adalah pilihan yang bagus untuk wanita hamil, karena ini adalah cara yang aman dan lebih nyaman untuk terus berolahraga saat hamil. Orang dengan masalah persendian seperti radang sendi, sakit punggung, orang yang kelebihan berat badan, atau kondisi lain yang membuat berjalan dan berlari menjadi sulit, menganggap olahraga air sebagai bentuk aktivitas fisik yang dapat ditoleransi. Sebagian besar pusat kebugaran dan gym besar menawarkan kelas latihan air kelompok yang dipimpin oleh instruktur bersertifikat.

Latihan air juga merupakan cara yang bagus bagi para atlet untuk melatih kelompok otot yang sama pada hari-hari latihan berturut-turut. Cara kerjanya adalah seorang atlet dapat melakukan latihan lari pada hari Senin, namun alih-alih berlari lagi di darat pada hari Selasa, yang sangat meningkatkan risiko cedera, atlet dapat berlari di kolam renang yang akan berdampak lebih kecil pada persendian. . Hal ini memungkinkan atlet untuk melanjutkan pemulihan dari lari Senin. Berlari di air adalah salah satu bentuk latihan air yang paling efektif, dan menggunakan otot khusus olahraga yang sama seperti berlari di darat. Jika mengalirkan air terlalu sulit, terutama bagi orang-orang yang baru pulih dari cedera, water marching adalah titik awal yang baik.

Ada beberapa alat olahraga air yang dapat dibeli orang untuk menambahkan variasi pada program olahraga air mereka. Beberapa di antaranya termasuk sabuk pengapung (digunakan untuk berlari di bagian dalam, yang menambah intensitas dan ketahanan terhadap aliran air), kick-boards (digunakan untuk fokus membangun kekuatan kaki saat berenang), dumbel air (digunakan untuk melakukan latihan ketahanan lengan yang adalah tipikal latihan dumbbell berbasis darat seperti mengangkat bahu dan bisep ikal), sirip dan kaus kaki air (juga digunakan untuk meningkatkan kekuatan kaki dengan berenang atau latihan air jenis menendang). Sebagian besar barang-barang ini dapat dibeli secara online atau di toko peralatan olahraga setempat.

Air menambahkan sebanyak 12 kali resistensi seperti melakukan jenis latihan yang sama di darat. Menginjak air dengan giat membakar sekitar 11 kalori per menit, yang sama dengan berlari 6 mil per jam. Latihan air adalah cara yang bagus untuk menambah variasi dan kesenangan pada program latihan Anda dan dapat memungkinkan Anda untuk terus berolahraga melalui cedera tertentu. Seperti biasa, tanyakan kepada profesional kesehatan berlisensi Anda sebelum memulai program latihan apa pun, terutama jika Anda memiliki cedera atau kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Banyaknya Manfaat Treadmill

Dalam hal kebugaran, manfaat treadmill tidak boleh diremehkan. Ada sejumlah besar manfaat yang dapat diperoleh dengan latihan treadmill yang terencana dengan baik.

Manfaat kesehatan dari treadmill termasuk tubuh yang sehat secara keseluruhan, dan sangat bermanfaat bagi otot jantung. Tentu saja latihan yang mantap juga tidak hanya akan menurunkan berat badan dengan membantu menghilangkan kelebihan berat badan. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan treadmill di atas banyak rencana latihan terkait kesehatan lainnya.

Fleksibilitas – Treadmill adalah salah satu peralatan paling serbaguna yang tersedia untuk penggemar kebugaran – Treadmill terbaik menawarkan berbagai tingkat intensitas yang sempurna untuk pemula atau pelari tingkat lanjut. Jika Anda baru berolahraga, jalan cepat tidak menjadi masalah dengan treadmill. Apakah Anda ingin pelatihan intensitas tinggi untuk kehilangan lemak? Berlari dengan kecepatan tinggi di treadmill akan membantu Anda membakar lemak di setiap latihan. Anda bahkan dapat melakukan sprint bukit menggunakan fitur kemiringan treadmill.

Latihan segala cuaca – Cuaca merupakan faktor penghalang untuk berlari di luar. Saat matahari bersinar terlalu terik, atau saat hujan atau turun salju berlebihan, treadmill tetap menjadi alat olahraga yang sangat andal bagi banyak orang. Faktanya, ada banyak orang yang menggunakan treadmill untuk menjaga berat badan mereka selama liburan ketika makan berlebihan sangat mungkin dan kurang olahraga adalah kepastian virtual. Ini menggarisbawahi salah satu manfaat paling penting dari treadmill; itu menghilangkan alasan Anda untuk tidak berolahraga!

Efektivitas – Tema umum saat mengkritik treadmill adalah bahwa treadmill tidak membakar kalori sebanyak yang diinginkan. Ini tidak benar. Berlari di atas treadmill adalah salah satu cara paling efektif atau membakar kalori. Lari 60 menit dengan intensitas sedang dapat dengan mudah membakar lebih dari 1.000 kalori, sementara latihan serupa dalam durasi yang sama hanya akan membakar sekitar 70% dari total itu. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan membakar lemak, ada lebih sedikit alternatif yang lebih unggul daripada yang ditawarkan treadmill.

Kontrol atas latihan Anda – Berlari di jalan bisa menjadi tugas yang sulit untuk dipertahankan karena dorongannya untuk berhenti sering kali terlalu kuat. Di treadmill, Anda memiliki kendali penuh atas kecepatan lari Anda, jadi jika Anda ingin mengembangkan kecepatan, tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain di treadmill.