Melatih Kekuatan Otot dengan Olahraga Rutin

Melatih Kekuatan Otot dengan Olahraga: Latihan kekuatan umumnya di lakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, memperkuat sendi, serta menambah stamina. Namun, sebelum memulai latihan kekuatan, Anda di anjurkan untuk mempelajari lebih dahulu jenis dan teknik latihan kekuatan yang cocok untuk melatih bagian otot tubuh Anda.

Melatih Kekuatan Otot: Jenis-Jenis Latihan Kekuatan Otot

Latihan kekuatan tangan di perlukan supaya kita bisa membentuk otot lengan dan bisa menjadikan lengan tidak menggelambir.

Lengan yang bergelambir menjadi hal yang paling banyak di alami oleh perempuan, sebenarnya bukan hanya perempuan pria kadang juga seperti itu. Selain perut dan paha, bagian lengan ini sering kali terdapat tumpukan lemak yang membuatnya menggelambir.

Terdapat berbagai manfaat yang bisa di dapatkan dari cara melatih kekuatan otot, antara lain meningkatkan masa otot, menambah ketahanan otot, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga memperbaiki kualitas stamina. Berikut adalah bentuk latihan kekuatan otot yang bisa dilakukan.

1. Plank

Plank merupakan cara memperbesar otot sederhana, yang bisa di lakukan sendiri di rumah meskipun tanpa pelatih khusus. Kendati sederhana, gerakan plank termasuk sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan otot. Beberapa bagian yang difokuskan dari latihan plank adalah otot bahu, dada, punggung dan perut.

Gerakan plank di awali dengan posisi tubuh yang lurus dan tengkurap. Kemudian perlahan menyangga tubuh dengan posisi kaki lurus yang di tumpu oleh ujung jari dan lengan yang ditekuk sampai siku. Tahanlah posisi ini dalam rentang 10 hingga 30 detik, dan naikkan hingga 60 detik jika tubuh sudah terbiasa.

2. Push Up

Push up merupakan cara membesarkan otot yang bisa di lakukan tanpa alat bantu. Sehingga bisa di kerjakan kapanpun dan dimanapun, sesuai dengan kebutuhan Anda. Fungsi dari gerakan push up ini adalah meningkatan ketahanan otot di bagian perut, bahu, dada dan lengan. Selain itu, push up juga baik bagi kekuatan jantung.

Gerakan push up diawali dengan tubuh dalam posisi lurus dan tengkurap. Dilanjutkan dengan meluruskan tangan selebar bahu, serta kaki yang di rapatkan dan bertumpu pada ujung jari. Lakukan gerakan turun secara perlahan sampai siku membentuk sudut 90 derajat, dan posisi dada yang merapat pada lantai. Setelahnya angkat tubuh ke atas, sampai lengan dalam posisi lurus kembali. Satu set push up berisi 10 kali gerakan, dan bisa di ulangi sebanyak 2 hingga 3 set.

3. Sit Up

Gerakan sit up merupakan latihan yang di fokuskan untuk meningkatkan ketahanan otot tubuh, mulai dari leher, punggung, perut, dan pinggul. Gerakan sit up di awali dengan posisi tertidur, dan kaki di tekuk sampai lutut, dan telapak kaki menyentuh bagian lantai.

Letakkan tangan di belakang kepala, dan lakukan gerakan mengangkat tubuh sampai bagian dada mendekati lutut. Lakukan sembari mengatur tarikan dan hembusan napas. Gerakan sit up bisa di ulangi hingga 3 set, sama seperti push up.

4. Squat jump

Squat jump adalah cara membesarkan otot sederhana yang juga berfungsi dengan baik sebagai pelatihan otot. Gerakan ini memfokuskan pada kekuatan tubuh bagian bawah, layaknya area kaki, betis, dan paha. Selain itu, squat jump juga baik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.

Gerakannya dilakukan dengan posisi jongkok, dengan tangan di letakkan di belakang kepala. Lanjutkan dengan meloncat, dan kembali dalam posisi jongkok seperti semula. Lakukan gerakan ini dengan repetisi hingga 3 set. Biasanya squat jump juga bisa di lakukan menggunakan bantuan tali, yang berguna untuk menjaga ritme loncatan.

5. Pull Up

Tak seperti gerakan lainnya, pull up merupakan olahraga yang mengharuskan pelakunya untuk menggunakan alat bantu berupa palang atau pull up bar. Namun latihan ini juga bisa Anda lakukan dengan media apapun, selama kokoh dan mampu menahan beban tubuh.

Latihan pull up bisa di mulai dengan meletakkan tubuh sebagai bobot utama yang harus ditumpu. Tujuannya adalah untuk melatih otot lengan, pundak, hingga punggung dan perut.

Melatih Kekuatan Otot: Rekomendasi dan Nama Alat Olahraga Tangan

Selain dengan latihan kekuatan otot, Anda bisa melatih kekuatan otot dengan bantuan alat olahraga. Apa saja sih? simak pembahasan nya di bawah ini.

1. Dumbbell 

Alat olahraga dumbbell biasanya di gunakan untuk latihan kekuatan yang di kenal dengan resistance. Dengan melakukan angkat beban dua kali dalam seminggu, maka tubuh semakin bugar dan terbentuk dengan baik.

2. Samsak

Samsak adalah karung berisi pasir. Nah, alat olahraga satu ini di lengkapi dengan tiang besi yang dapat diatur ketinggiannya, sehingga dapat di gunakan oleh siapa saja dengan ukuran tinggi badan berbeda.

Fungsi dari samsak adalah sebagai bantalan untuk olahraga tinju, yang dapat meningkatkan kekuatan otot tangan dan kaki. Bantalan tinju ini terbuat dari bahan busa polyrethane, serta kulit berbahan sintesis, yang tahan terhadap tekanan pukulan maupun tendangan.

3. Bantalan Tinju

Apakah kamu suka berlatih tinju? Bila ya, maka bantalan tinju ini sangat cocok buat kamu.  Alat ini terbuat dari busa yang tebal dan tidak akan membahayakan kamu ketika latihan, baik saat meninju maupun menendangnya.

4. Iron Gym Push Up Bars

Alat olahraga berikutnya untuk melatih otot bahu, dada, lengan, punggung, hingga perut adalah iron gym push up bars. Alat ini di lengkapi dengan pegangan dari busa yang nyaman dan anti slip.

5. Ab Slide Wheel

Alat olahraga tangan satu ini dapat membantu melatih otot perut, pinggang, dan kaki. Alat Ab Slide Wheel memiliki pegangan anti slip yang dapat mencegah terjadinya cedera dan membuat roda jadi lebih stabil.

6. Hand Grip

Alat satu ini dapat membantu melatih kekuatan otot tangan. Karena bentuknya kecil, hand grop mudah untuk dibawa ke mana saja.  Bahkan, ada alat hand grip yang telah di lengkapi fitur digital yang dapat membantu menghitung kalori yang terbuang.

Melatih Kekuatan Otot

7. Soft Body Trimmer

Alat olahraga tangan berikutnya adalah soft body trimmer. Alat olahraga ini terdiri dari karet elastis berbentu tube dengan pijakan/pedal dan pegangan tangan yang nyaman.

Biasanya, soft body trimmer bisa di gunakan untuk membentuk otot perut, lengan dan kaki. Berikut rekomendasi soft body trimmer yang bisa kamu gunakan.

Dan itulah bahasan kita mengenai cara melatih kekuatan otot yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot. Sudah siap untuk memulai latihan Anda? Yuk, hidup lebih sehat karena sehat itu mahal.