Mengapa Thiamin Begitu Penting?

Mengapa Thiamin Begitu Penting?: Di kenal sebagai Vitamin B1, thiamin adalah vitamin B pertama yang di temukan. Sebagai bagian integral dari spektrum vitamin B kompleks. Thiamin terutama terlibat dalam metabolisme energi – mengubah makanan menjadi sumber energi yang dapat di gunakan untuk tubuh. Yang di kenal sebagai ATP (adenosine triphosphate). Semua vitamin B bekerja sama untuk menghasilkan ATP, dan setiap vitamin yang berbeda juga terlibat dalam aspek yang lebih spesifik dari tubuh manusia. membantu mendukung saraf yang sehat dan jantung yang sehat. Terlibat dalam mempengaruhi suasana hati secara positif. Dan juga sekarang di anggap berguna untuk meredakan mulas.

Bagaimana Thiamin Bekerja?

Selain berperan penting dalam metabolisme karbohidrat. Lemak dan protein.  juga di perlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung manusia memompa darah masuk dan keluar dari biliknya beberapa kali sehari, memberi makan darah melalui pembuluh darah ke berbagai bagian tubuh manusia – ini adalah organ yang bekerja paling keras dalam tubuh manusia. Asupan harian Tiamin secara teratur sangat penting bagi orang yang menderita gagal jantung kongestif (CHF) karena telah terbukti meningkatkan “kekuatan pemompaan” jantung.

Tiamin telah di temukan dalam tingkat yang sangat rendah pada orang-orang dengan CHF. Penggunaan jangka panjang obat diuretik, yang sering diresepkan untuk pasien CHF, menghabiskan penyimpanan tubuh dari Thiamin. Satu studi pasien CHF pada di uretik menunjukkan bahwa mengambil setidaknya 200 mg. Thiamin setiap hari selama 6 minggu meningkatkan daya pompa jantung sebesar 22%.

Tiamin tidak hanya membantu mendukung kerja jantung yang sehat,

tetapi juga membantu meningkatkan fungsi saraf yang sehat di seluruh tubuh. Meskipun ada beberapa penyakit yang mempengaruhi kesehatan saraf, penderita diabetes terutama menderita kerusakan saraf, jika penyakit ini tidak terkontrol, mengakibatkan mati rasa pada ekstremitas, biasanya terdeteksi pertama kali sebagai kesemutan di tangan dan/atau kaki. Thiamin dapat di gunakan untuk mendukung kesehatan saraf secara keseluruhan, pada akhirnya meminimalkan mati rasa dan kesemutan dan membantu melindungi dari kondisi ini.

Sering di rekomendasikan oleh para profesional kesehatan untuk gangguan mood,

asupan Thiamin untuk meningkatkan mood sangat berharga, bahkan ketika vitamin tidak kekurangan dalam tubuh. Satu studi dari sekelompok wanita usia kuliah yang tidak kekurangan Thiamin melaporkan peningkatan suasana hati, energi dan kewaspadaan setelah hanya 2 bulan mengambil 50 mg. Thiamin sehari. Dan studi lain menunjukkan bahwa mengambil 10 mg. thiamin setiap hari selama 3 bulan meningkatkan tingkat energi pada orang tua, bersama dengan penurunan tekanan darah, penurunan berat badan yang sehat dan peningkatan kualitas tidur. Laporan terbaru mengklaim bahwa Thiamin dapat membantu dalam mengobati kehilangan memori yang terkait dengan penyakit Alzheimer, meskipun ini belum sepenuhnya terbukti.

Seperti semua Vitamin B kompleks.

Tubuh membutuhkan dosis tiamin yang stabil setiap hari untuk berfungsi pada tingkat optimal karena larut dalam air. Kekurangan dapat memiliki efek negatif pada suasana hati, termasuk peningkatan iritabilitas dan depresi, serta mengakibatkan peningkatan kelelahan otot. Kekurangan yang parah menghasilkan kondisi yang di kenal sebagai beri-beri. Yang mengakibatkan kerusakan saraf. Kehilangan otot, kehilangan kemampuan mental, kelumpuhan dan akhirnya kematian. Karena Thiamin adalah vitamin yang larut dalam air, kelebihan apa pun yang di ambil dan tidak di gunakan oleh tubuh, hanya akan di keluarkan melalui urin. Jadi toksisitas tidak menjadi masalah.

Thiamin biasanya di tambahkan kembali ke makanan giling yang di pasarkan (sebagai “pengkayaan”) untuk mencegah kekurangan. Thiamin ditemukan secara khusus dalam produk biji-bijian yang di perkaya, kacang kering, kacang-kacangan & biji-bijian, daging babi tanpa lemak dan biji-bijian. Penting untuk di ketahui bahwa minum di uretik, seperti kopi, teh, atau soda, dapat menguras kadar Thiamin sehingga penting untuk meminumnya dalam jumlah sedang.