Sering Tidur Siang Berisiko Kena risiko strok.

Berisiko Kena risiko strok: Tidur siang yang dilakukan secara rutin di kaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi dan strok. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian melihat data dari hampir 360 ribu orang dewasa Inggris selama sekitar 11 tahun masa tindak lanjut. Untuk membandingkan kebiasaan tidur siang dengan tekanan darah dan Berisiko Kena risiko strok.

Mereka menemukan, peserta yang secara rutin tidur siang memiliki risiko 12 persen lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dan 24 persen lebih tinggi risiko strok, dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak tidur siang.

Data juga menunjukkan

risiko itu akan meningkat jika peserta yang tidak pernah tidur siang melakukannya sesekali, atau jika mereka berubah dari yang jarang tidur siang menjadi sering tidur siang itu sendiri mungkin tidak bahaya, tetapi dapat mengindikasikan masalah dengan kualitas tidur secara keseluruhan.

“Meskipun tidur siang itu sendiri tidak berbahaya, banyak orang yang tidur siang karena kurang tidur pada malam hari. Tidur yang buruk pada malam hari di kaitkan dengan kesehatan yang buruk, dan tidur siang tidak cukup untuk menebusnya.

Dari penelitian itu

 orang-orang yang tidur siang adalah mereka yang insomnia. Mereka juga lebih cenderung minum alkohol, merokok, dan memiliki tingkat pendidikan dan pendapatan yang lebih rendah, di bandingkan orang yang jarang tidur siang atau tidak sama sekali.

Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah peneliti tidak memiliki informasi tentang berapa lama tidur siang itu berlangsung. Jadi tidak jelas apakah total waktu tidur siang mungkin menjadi faktornya atau ada faktor lain.

Partisipan juga melaporkan sendiri tidur siang mereka sehingga peneliti tidak memiliki data objektif tentang frekuensi atau kualitas tidur siang. Namun apakah seseorang sudah cukup tidur pada malam hari menjadi faktor yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

Kebanyakan orang dewasa harus tidur tujuh hingga sembilan jam dan kurang tidur terkait dengan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Sebaliknya, tidur nyenyak dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, meningkatkan kesehatan mental dan fokus, serta meningkatkan kebugaran.

Tidur yang cukup bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk tidur yang lebih baik, cobalah berolahraga secara teratur, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pada siang hari, dan menghindari kafein.