Tanda-Tanda Sakit Panas dan 6 Cara Mengatasi Panas

Musim panas ini luar biasa hangat, dan karena suhu terus memecahkan rekor di seluruh negeri dan di seluruh dunia, inilah saatnya untuk membiasakan diri dengan tanda-tanda penyakit panas dan cara membantu jika Anda kepanasan. Kelelahan akibat panas dan sengatan panas adalah kondisi yang berpotensi fatal, dan penting untuk mengetahui tanda, gejala, dan cara membantu diri sendiri atau orang lain saat penyakit panas terjadi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih banyak orang di AS meninggal setiap tahun karena paparan panas yang ekstrem daripada gabungan dari angin topan, kilat, tornado, banjir, dan gempa bumi.

Sebuah “penyakit panas” adalah penyakit yang disebabkan oleh paparan terlalu banyak panas. Jenis yang umum adalah kelelahan panas dan sengatan panas.

Kelelahan akibat panas adalah penyakit ringan terkait panas yang dapat berkembang setelah beberapa hari terpapar suhu tinggi dan penggantian cairan yang tidak memadai atau tidak seimbang.

Heatstroke lebih spesifik dan berkepanjangan, yang berarti tubuh mengalami perubahan neurologis, seperti kehilangan kesadaran dan/atau kejang. Heatstroke terjadi ketika tubuh tidak bisa lagi mengatur suhu internal dan pendinginan. Heatstroke dapat menyebabkan suhu tubuh mencapai 106 derajat Fahrenheit hanya dalam beberapa menit. Tanpa perawatan darurat, kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kematian.

Untuk mencegah penyakit panas mencapai titik berbahaya, ketahui tanda-tandanya:

  • Berkeringat banyak
  • pingsan
  • Denyut nadi lemah dan cepat
  • Kram otot
  • Mual
  • Sakit kepala
  • dingin, kulit lembab dengan kemungkinan merinding saat berada di panas

Setelah Anda mengetahui tanda-tandanya, jika Anda atau orang lain mengalaminya, Anda dapat segera mengambil tindakan untuk membantu. Palang Merah menyarankan Anda mengikuti langkah-langkah ini:

  • Jika mereka kehilangan kesadaran atau muntah, segera hubungi 9-1-1
  • Pindahkan orang tersebut ke area ber-AC atau teduh
  • Sediakan air dingin yang bisa mereka minum perlahan
  • Oleskan es atau handuk dingin ke kepala, leher, selangkangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan ketiak

Membenamkan seseorang ke dalam air dingin adalah cara terbaik untuk mendinginkan seseorang dengan cepat. Pastikan Anda memantau diri sendiri dan anak-anak Anda jika Anda berada dalam panas untuk waktu yang lama.

Cara Mencegah Penyakit Panas

Pencegahan penyakit panas harus dilakukan selama bulan-bulan musim panas. Jadilah cerdas tentang keputusan Anda. Misalnya, apakah bersepeda gunung sejauh 35 mil merupakan keputusan yang bijaksana ketika suhu di luar lebih dari 100 derajat? Mungkin tidak. Itu tidak berarti Anda tidak pergi; mempersingkat perjalanan, menjadwal ulang atau mengubah rute, jadi ada lebih banyak bayangan di sepanjang jalan. Cari cara untuk membantu diri Anda sendiri. Melakukan aktivitas berat selama bagian hari terpanas sering kali membuat orang terserang penyakit panas. Cukup waspadai aktivitas, suhu, dan risiko yang terlibat. Minum banyak cairan baik sebelum dan sesudah aktivitas.

Anda juga dapat menggunakan teknik berikut:

  • Mengenakan pakaian yang lebih longgar dan ringan untuk membantu menghilangkan panas
  • Hindari alkohol dan makanan berat
  • Hindari terbakar sinar matahari

Anda biasanya dapat mencoba untuk tetap tenang di hari yang panas dengan minum cairan dan menjaga elektrolit. Anda juga dapat melakukan yang terbaik untuk memastikan Anda memiliki cara untuk mendinginkan diri jika panas menjadi masalah nyata. Tabir surya tidak akan melindungi Anda dari penyakit panas; itu akan membantu mencegah sengatan matahari, yang akan membantu menjaga tubuh tetap dingin.

Artikel ini awalnya diterbitkan di Ready Nutrition™ pada 22 Agustus 2022