Tingkatkan Kesehatan Anda Dengan Antioksidan

Kesehatan Anda Dengan Antioksidan: Setiap menit setiap hari sel-sel tubuh kita di serang oleh partikel yang di sebut radikal bebas oksigen, juga di sebut oksidan. Kita tidak dapat menghindari radikal bebas karena sel-sel kita memproduksinya selama metabolisme normal. Selain itu, lingkungan kita setiap hari mengandung banyak radikal bebas. Sayangnya radikal ini menghasilkan reaksi berantai yang menyebabkan kerusakan DNA dalam sel kita. Penuaan sel kita sebagian merupakan hasil dari kerusakan radikal bebas, juga di sebut oksidasi. Untungnya ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita ambil untuk meminimalkan kerusakan dan untuk meningkatkan dan memperpanjang kesehatan sel kita.

Oksidasi

Radikal bebas adalah molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan. Mereka aktif secara kimiawi dan dapat di anggap sebagai pemulung. Mereka dengan mudah terikat dengan molekul sel kita dalam proses yang di sebut oksidasi. Kita akrab dengan proses oksidasi normal logam seperti besi. Oksida besi disebut karat, dan kita tahu bahwa karat dapat menurunkan kualitas logam. Logam lain juga dapat menunjukkan oksidasi yang biasa kita sebut korosi. Kami biasanya mengambil langkah-langkah untuk mencegah korosi logam. Kerusakan sel-sel kita yang di sebabkan oleh oksidasi sering di sebut peradangan. Dan kita dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri kita dari oksidasi seluler.

Antioksidan

Ada banyak senyawa kimia yang akan menetralkan efek oksidasi. Antioksidan akan mengikat radikal bebas, menciptakan molekul yang stabil, dan mencegah radikal menyebabkan oksidasi sel. Molekul baru ini kemudian dapat di hilangkan selama proses tubuh normal. Antioksidan yang paling terkenal adalah nutrisi, vitamin A, C, E dan mineral selenium. Banyak vitamin, mineral, dan enzim lainnya melakukan fungsi antioksidan pelindung yang penting.

Banyak dari zat ini, terutama vitamin A, C, E dan mineral selenium yang di sebutkan di atas, tidak dapat di produksi oleh sel kita tetapi harus di cerna melalui makanan yang kita makan atau suplemen yang kita konsumsi.  yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, disebabkan oleh penumpukan lemak di arteri kita. Oksidasi kolesterol LDL merupakan faktor besar dalam penumpukan timbunan lemak ini. Menurut AHA, vitamin E adalah yang terbaik dari antioksidan alami untuk memberikan perlindungan terhadap oksidasi kolesterol LDL.

Vitamin C mungkin adalah penangkal radikal bebas umum yang paling ampuh. Sifat antioksidannya digunakan oleh hampir setiap sel tubuh. Vitamin C adalah penguat sistem kekebalan yang sangat kuat.

Berikut item menarik dari Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian. Sebuah penelitian menyelidiki efek dari berbagai metode memasak pada brokoli. Disimpulkan bahwa memasak dengan microwave menghabiskan 97 persen flavonoid brokoli, antioksidan utama. Sebaliknya, mengukus brokoli hanya menghabiskan 11 persen antioksidan yang sama.

Seberapa lazim memasak microwave di dapur rumah kita? Dr Cristina Garcia-Viguera, salah satu penulis studi tersebut, menyimpulkan bahwa yang terbaik adalah “memasak sayuran dalam jumlah air minimum untuk mempertahankan manfaat nutrisinya.”

Apa yang harus dilakukan

Untuk meningkatkan kesehatan sel-sel kita di seluruh tubuh kita dan untuk melindungi sel-sel kita dari kerusakan akibat oksidasi, penting untuk memasukkan pasokan antioksidan penting yang kaya dalam makanan kita sehari-hari. Direkomendasikan dua hingga empat porsi dari kelompok buah dan tiga hingga lima porsi dari kelompok sayuran setiap hari.

Jika Anda merasa sulit untuk mengonsumsi banyak antioksidan dari kelompok makanan yang direkomendasikan, maka mengonsumsi suplemen harian harus menyelesaikan masalah. Temukan tablet atau kapsul gel yang mudah dicerna dari perusahaan besar atau ganti suplemen cair yang baik sebagai alternatif yang nyaman dan enak rasanya. Seperti biasa, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program baru yang besar.